LARISPA


Selamat Dari Covid-19, MUI Palas Gelar Tausiyah dan Do'a

HARIAN9 author photo

PALAS| H9
Setelah pemkab palas selesai menggelar rapat koordinasi tentang pembentukan gugus tugas percepatan penanganan virus Corona, Kamis (19/03/2020) di Pendopo Rumah Dinas Bupati Jalan Ki Hajar Dewantara Sibuhuan, Kabupaten Palas, Provinsi Sumatera Utara (Sumut).

Kini giliran Dewan Pengurus MUI kabupaten Padang Lawas menyampaikan Taushiyahnya kepada seluruh ummat islam dan masyarakat sepalas.

Sesuai Informasi perkembangan Covid -19 diberbagai daerah indonesia bahkan Dunia, dan berdasarkan Fatwa serta Taushiyah MUI Pusat terkait Covid - 19, juga hadil dari musyawarah Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Palas Tentang Pencegahan Covid - 19, Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Padang Lawas (Palas) menerbitkan Tausiyah kepada ummat islam dan masyarakat kabupaten palas  terkait pencegahan penyebaran virus corona di Palas. Jumat, (20/3/2020).

Dewan Pengurus MUI Kabupaten Palas mengajak semua elemen bangsa, khususnya yang beragama Islam, untuk senantiasa mendekatkan diri kepada Allah SWT agar terhindari dari musibah ini.

" Mari Bersama-sama melakukan segala upaya untuk menangkal dan meminimalkan potensi penyebaran virus Corona tersebut,”


Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Padang Lawas (Palas) menerbitkan Tausiyah kepada ummat islam dan masyarakat kabupaten palas  terkait pencegahan penyebaran virus corona di Palas, terdiri dari 9 point penting yakni, Taushiyah poin pertama, Menyampaikan kepada Masyarakat palas, bahwa setiap orang wajib melakukan ikhtiar (Usaha) menjaga kesehatan dan menjahui setiap hal yang diyakini dapat menyebabkan penyakit.

Poin kedua, untuk sementara masyarakat palas dianjurkan supaya tidak bepergian ke daerah yang terpapar Covid - 19, mengurangi kontak fisik dengan banyak orang., ketiga apa bila ada orang yang merasakan gejala terinfeksi Covid 19 segeralah berobat dan memeriksakan diri ke PUSKESMAS, RSUD Sibuhuan, Dinas Kesehatan, dan posko Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid 19.

Keempat, bila ada orang yang sudah fositif twrinfeksi Covid 19, wajib untuk mengisolasi diri dan menjaga supaya tidak tertular kepada orang lainnya, Kelima. Ummat islam palas wajib mendukung dan mentaati kebijakan pemda kabupaten palas dalam rangka pencegahan penularan Covid 19., Keenam. Untuk seluruh mahasiswa/i, Santri/santriwati, siswa/i, yang mendapatkan himbauan untuk belajar mandiri dirumah masing-masing, agar benar benar menggunakan moment tersebut untuk belajar dan mengasah kemampuan.

Dengan tidak menghabiskan waktu yang sia-sia, apa lagi mengunjungi tempat keramaian, diwajibkan kepada orang tua untuk mengawasi anaknya mengurangi aktifitas diluar rumah dan jangan pergi keluar daerah.

Dalam poin ketujuh Taushiyahnya MUI palas, menyebutkan untuk ummat islam palas agar mendekatkan diri kepada allah swt, diantaranya dengan cara memperbanyak Ibadah, Taubat, Istighfar, Dzikir, membaca Qunut Nazilah, disetiap sholat fardhu, shakawat, jaga wudu, kebersihan, bersedekah, dan tak lupa terus berdo'a kepada allah swt agar diberikan perlindungab dan keselamatan dari musibah, marabahaya, khususnya dari wabah Covid 19

Kemudian, Taushiyah poin kedelapannya menyebutkan, kepada seluruh masyarakat padang lawas, agar tidak menebarkan berita yang belum jelas kebenarannya, apa lagi yang berkaitan dengan Covid 19. Terakhir Do'a untuk Qunut Nazilah pada setiap Raka'at terakhir sholat fardhu.

Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Padang Lawas (Palas) dalam  menerbitkan Tausiyah kepada ummat islam dan masyarakat kabupaten palas  terkait pencegahan penyebaran virus corona di Palas, langsung ditanda tangani oleh Ketua Umum MUI Kabupaten Padang Lawas, H. Ismail Nasution, Lc, M.TH, Sekretaris Umum, Drs. H. Abdul Haris serta Ketua Dewan Pertimbangan MUI Kabupaten Palas, H. Sehat Muda Hasibuan, Lc., MA. (WD41)
Komentar Anda

Berita Terkini