-->

Antisipasi Bahaya Penularan Covid 19, Muspika Rambipuji Jember Screening Terhadap Warga Yang Baru Pulang Dari Luar Negeri

harian9 author photo

JEMBER| H9
Dalam rangka membantu percepatan penanganan Gugus Tugas Covid 19 Kabupaten Jember, Jajaran Muspika melakukan berbagai upaya termasuk pencermatan terhadap warga masyarakat, di wilayah tanggung-jawabnya.

Seperti yang dilakukan oleh Muspikan Rambipuji Jember diantaranya Komandan Koramil 0824/13 Rambipuji Kapten Chb Mulyadi, Kapolsek Rambipuji  AKP Hari Pamuji dan Camat Rambipuji Sukowinarko, bersama Petugas Kesehatan Puskesmas Rambipuji, yang melakukan screening terhadap warganya yang baru pulang dari luar negeri.

Salah satu warga yang baru pulang dari Hongkong tersebut beralamat di Dsn Curahancar Timur Desa Rambipuji Kec Rambipuji Kabupaten Jember, kepada yang bersangkutan dan keluarganya diberikan pemahaman terkait protokol kewaspadaan penularan covid 19, sehingga tidak meluas penularannya di wilayah Kecamatan Rambipuji khususnya  Kabupaten Jember pada umumnya, meskipun yang bersangkutan dalam screening dinyatakan sehat dan suhu tubuh dibawah 38 derajat celcius, namun yang bersangkutan tetap harus di karantina di Jember Sport Garden (JSG) sebagai pusat karantina di Kabupaten Jember.

Menurut Kapten Chb Mulyadi, setelah dilakukan screening dan diberikan pemahaman kepada pihak keluarga, akhirnya yang bersangkuta dengan sukarela mau dikarantina di JSG Jember, kemudian seluruh keluarganya juga kita lakukan screening dan kita arahkan untuk isolasi dan karantina mandiri dirumah selama 14 hari.

"Hal ini kita lakukan secara terpadu,  melibatkan semua unsur di tingkat desa, sehingga dapat kita ketahui manakala ada warga yang baru datang dari luar kota maupun luar negri, untuk kita lakukan pencermatan bersama," kata Kapten Chb Mulyadi, Kamis (23/04/2020).

Menyikapi hal tersebut, saat kami konfirmasi Komandan Kodim 0824/Jember Letkol Inf La Ode Muhammad Nurdi menerangkan, bahwa upaya-upaya pencermatan tersebut dilakukan dalam rangka menyelamatkan yang bersangkutan, menyelamatkan keluarganya serta menyelamatkan warga masyarakat dari bahaya penularan covid 19 ini, sehingga hal ini harus dipahami oleh semua pihak dan masyarakat.

"Kepada Koramil Jajaran serta pihak terkait sudah kita lakukan instruksi koordinasi terkait meperketat screening warga utamanya yang baru datang dari luar negeri maupun dari daerah zona merah, hal ini semata-mata sebagai upaya percepatan penanganan bahaya penularan covid 19 di Kabupaten Jember," pungkas Komandan Kodim 0824/Jember. (Siswandi)

(Foto: Siswandi)



Komentar Anda

Berita Terkini