Pers Covid19


LARISPA


Bupati Palas Terbitkan Surat Edaran Larangan ASN Mudik Saat Lebaran

HARIAN9 author photo

PALAS| H9
Bupati Palas H. Ali Sutan melarang Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemerintah Kabupaten Padang Lawas, Provinsi Sumatera Utara, setempat mudik ke kampung halaman pada saat Hari Raya Idulfitri 1441 Hijriyah nanti. Imbauan itu dikeluarkan untuk menanggulangi penyebaran virus korona covid-19.

Dikeluarkanya surat edaran tersebut berdasarkan pada:
1. keputusan Kepala BNPB nomor 13 A tentang perpanjangan status keadaan tertentu darurat bencana wabah penyakit akibat virus corona di Indonesia yang menyatakan bahwa status keadaan tertentu darurat bencana berlaku sampai 29 Mei 2020 untuk pencegahan penyebaran Covid 19.

2. Berdasarkan SE Kementrian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) nomor 41 tahun 2020 atas perubahan SE nomor 36 tahun 2020 dan SE PANRB nomor 50 tahun 2020 atas perubahan kedua SE PANRB Nomor 19 tahun 2020.

Berkenaan hal tersebut diatas, Pemkab Palas dibawah Pimpinan Bupati H. Ali Sutan Harahap mengambil langkah-langkah sebagai berikut;
1. Perpanjangan tugas masa kedinasan dirumah/tempat tinggal bagi ASN sesuai dengan Surat Edaran (SE) Bupati Palas Nomor : 404/2262/2020 tentang penyesuaian sistem kerja ASN dan pembatasan kegiatan bepergian keluar daerah dan/atau kegiatan mudik bagi ASN dalam upaya pencegahan penyebaran Covid 19 di lingkungan Pemkab Palas.

2. Dalam upaya mengendalikan penyebaran Covid-19, agar ASN memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi dengan Menggunakan Aplikasi "Pedulilindungi" sebagaimana ditetapkan dalam keputusan kemenkominfo nomor 171 tahun 2020, tentang penetapan aplikasi tersebut dalam rangka surveilans kesehatan pencegahan covid-19 pada smartphone yang dimiliki.

3. Untuk mencegah dan meminimalisir penyebaran dan resiko covid-19, yang disebabkan mobilitas penduduk dari suatu daerah kedaerah palas, maka diminta ASN palas dan keluarganya "Tidak melakukan bepergian keluar daerah dan/atau kegiatan lain" selama berlalunya masa status keadaan tertentu darurat bencana wabah penyakit akibat Covid-19.

4. Dalam rangka pencegahan covid-19 didaerah palas, agar ASN mengajak masyarakat dilingkungan tempat tinggalnya untuk;  tidak bepergian keluar daerah dan/atau kegiatan mudik dalam rangka Hari Raya Idulfitri 1441 Hijriyah dan lainnya., Menjaga jarak aman saat melakukan komunikasi antara individu (sosial/psycal distanting)., Membantu meringankan beban masyarakat yang lebih membutuhkan disekitar tempat tinggalnya., Menetapkan PHBS., dan Menyampaikan informasi yang positif kepada masyarakat terkait dengan penyebaran covid-19.

5. ASN yang selama ini tinggal diluar palas yang pulang pergi ke luar palas, diperintahkan sejak tanggal (21/04/2020) dikeluarkan wajib bertempat tinggal atau berada di kabupaten palas, untuk sementara waktu selama keadaan tertentu darurat bencana wabah penyakit akibatcovid-19.

6. Bagi ASN yang melakukan kegiatan bepergian atau keluar daerah dan/atau kegiatan lainnya yang berhubungan dengan kedinasan yang sifatnya mendesak agar terlebih dahulu mendapat izin dari pimpinan ( Pejabat Pembina Kepegawaian).

Dan point ke 7. Sebagai wujud komitmen atas SE bupati ini, kepada kepala satuan polisi pamong praja dan pemadam kebakaran palas diperintahkan untuk mengawal pelaksanaan SE ini, dengam cara membentuk tim monitoring untuk melakukan razia sewaktu-waktu, yang pelaksanaannya dimulai sejak Tanggal SE ini di keluarkan supaya diakses keluar masuk dari atau ke daerah palas terhadap ASN yang masih melakukan bepergian keluar daerah atau mudik lainnya dengan sengaja atau tsnpa izin pejabat pembina kepegawaian.

Dan akan melakukan pembinaan dengan cara menjatuhkan hukuman disiplin PNS , karena tidak mentaati dan melakukan kewajiban sebagaimana yang diatur dalam amanat pasal 3 ayat 17 peraturan pemerintah Nomor 53 tahun 2010 tentang disiplin PNS yang akan dijatuhkan adalah penjatuhan hukuman disiplin tingkat sedang berupa penurunan pangkat setingkat lebih rendah selama satu (1) tahun.

Surat Edaran ini langsung ditanda tangani Bupati Padang Lawas H. Ali Sutan Harahap, yang ditembuskan kepada Menteri PAN dan RB di Jakarta, Gubernur Sumatera Utara di Medan, Ketua DPRD palas dan Sekretaris Daerah Kabupaten Padang Lawas di Sibuhuan.
(WD41)
Komentar Anda

Berita Terkini