Pers Covid19


LARISPA


Cegah Covid-19, Pintu Masuk Keluar Ujung Batu I Palas Diperiksa Lebih Ketat

HARIAN9 author photo

PALAS| H9
Antisipasi penyebaran wabah Virus Corona Disease (Covid-19), Pemdes Se-Trans Aliaga Kecamatan Hutaraja Tinggi, Kabupaten Padang Lawas, Provinsi Sumatera Utara, yang dipimpin langsung Perwakilan seluruh Pemdes oleh Kepala Desa Ujung Batu I, Hasan Basri menegaskan memasuki hari kedua tetap eksis dilapangan laksanakan pemantauan dan memperketat pemeriksaan terhadap seluruh yang datang juga melintas baik yang datang dan keluar dari Desa Ujung Batu I, II, III, IV dan V di pintu masuk yang berbatasan dengan Kabupaten Rokan Hulu Provinsi Riau.

Menurutnya, pemeriksaan tidak hanya warga yang datang dari luar daerah saja. Namun, juga seluruh yang melintas dijalan tersebut baik dari Sumut menuju Riau dan sebaliknya, seperti Jakarta dan daerah lainnya.

"Selama ini,  pemeriksaan ini sudah diberlakukan sejak tanggal 31 maret 2020 yang lalu. Namun, akan semakin ditingkatkan dan akan dilakukan di pintu masuk tersebut," ujarnya, disela sela penyemprotan terhadap pengendera dan penumpangnya yang lewat dan masuk wilayah pintu masuk tersebut, Kamis, (2/4/2020).

Kepala Desa Ujung Batu I Hasan Basri menambahkan, berdasarkan laporan orangtua Murid dari Desa Ujung Batu I, ada anaknya yang akan datang dari Wilayah  Jawa Timur 4 orang ke Desa Ujung Batu I pada hari ini, tentunya untuk menjaga dampak virus Covid-19 lebih baik  mencegah dari pada mengobati..

Dengan laporan orang tua murid tersebut, Hasan mengarahkan, untuk Pertama bila mana sampai Rumah Jangan bersentuhan Tangan, langsung mandi. Kedua setelah Pakaian dibuka di bungkus langsung cuci. Ketiga anak tersebut di isolasi di kamar rumahnya selama 14 hari. Keempat Pihak Medis ( Bidan desa ) mendata untuk di chek suhu tubuh melalui Thermometer Digital.

"Selain itu, Kades kami Pemerintah Desa Ujung Batu I berharap warga Masyarakat tetap mematuhi SOP yang selama ini kita sosialisasikan dalam sepekan ini. Bahkan Pemerintahan Desa Ujung Batu I melanjutkan Pemantauan Orang masuk dari luar daerah sampai Pemerintah Kabupaten Padang Lawan menabuh  Gendang Serene lampu Hijau pertanda Covid-19 Aman di wilayah kita semua," ujarnya. 

Lebih lanjut ia menjelaskan terkait adanya pemeriksaan lebih ketat di jalur Pintu Masuk, Hasan Basri meminta agar seluruh penumpang bersabar jika harus mengantre demi keselamatan bersama.

“Karena ini mewabah, kita juga harus sabar, akan ada antrian pada saat pengecekan di jalur pintu masuk ini. Sabar, karena ini untuk kepentingan kita semua,” katanya.

Diketahui sebelumnya, selain memperketat pengawasan dan pengecekkan di pintu Masuk tersebut, Pemkab palas juga telah membentuk Satuan Tugas (Satgas) penanganan Covid-19.
Satgas itu akan bertugas mengkoordinasikan penanganan pencegahan penyebaran Virus Corona Disease (Covid-19) di wilayah Palas.

Kades Ujung Batu I Hasan Basri mengatakan pembentukan Tim Relawan satgas ini adalah tindak lanjut dari yang sudah disebutkan diatas,  tentang Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19.  (WD41)
Komentar Anda

Berita Terkini