Pers Covid19


LARISPA


Disperkimhub Palas Sampaian Surat Himbauan Bongkar Muat Barang pada Seluruh Pedagang

HARIAN9 author photo

PALAS| H9
Bongkar muat kendaraan barang harus dilakukan di tempat yang benar, demikian juga saat parkir khususnya angkutan barang juga tidak boleh sembarangan agar tidak menganggu ketertiban umum dan menambah kemacetan lalu lintas.

Dinas Perumahan Rakyat, Kawasan Pemukiman dan Perhubungan Daerah (Disperkimhub) Kabupaten Padang Lawas (Palas) menyampaikan surat Himbauan kepada para seluruh Pengusaha, Grosir, Pedagang Pengusaha Toko Bangunan, pengusaha angkutan jalan  ketua SPSI / Bongkar muat di Pasar Sibuhuan.

Surat himbauan bongkar muat barang tersebut tertanggal 20 April 2020 ini di tanda tangani langsung oleh Plt Kadis Perkimhun Palas Ir Abdullah Nasution. Dan diteruskan tembusannya kepada Bupati Palas sebagai laporan, Kapolres Palas dan Kasatpol PP dan Damkar Palas.

Dalam isi Surat Himbauan menyebutkan tentang bunyi dari Pasal dan Undang-Undang Dasar mengenai: 
1. UUD nomor 22 tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan., 
2. PP RI nomor 34 tahun 2006 tentang Jalan., 
3. PP RI nomor 74 tahun 2014 tentang Angkutan Jalan,
4. PP RI 37 tahun 2017 tentang Keselamatan Lalu Lintas dan Angkutan Jalan.
5. Peraturan Menteri Perhubungan RI 26 Tahun 2017 tentang Angkutan, 6. Peraturan 

Daerah nomor 05 Tahun 2016 Tentang Pembentukan Susunan Organisasi dan Tata Kerja Perangkat Daerah Kabupaten Padang Lawas. Hal tersebut disampaikan Muhammad Irfan Taguh Pl Kasi angkutan dan terminal Disperkimhub palas. Kamis, (23/04/2020). Dan surat himbauan tersebut telah kita sampaikan mulai tanggal 20 April 2020 yang lewat.

Berdasarkan hasil monitoring dan evaluasi bersama isntansi terkait, serta keluhan dari masyarakat khususnya pengguna jalan maka Dinas Perumahan Rakyat, Kawasan Pemukiman dan Perhubungan Daerah (Disperkimhub) Kabupaten Padang Lawas (Palas)
menyampaikan himbauan tertulis kepada para pemilik toko yang berada di sepanjang ruas jalan simpang empat pasar sibuhuan untuk mematuhi jam bongkar muat barang sesuai ketentuan yaitu tidak melaksanakan kegiatan bongkar muat dengan menggunakan truk, karena jam dari pukul 07.00 wib hingga pukul 16.00 wib, dan disarankan untuk bongkar muat tersebut dilaksanakan dari jam 19.00 WIB hingga pukul 03.00 pagi. 

Disamping itu dalam rangka menjaga ketertiban dan kenyamanan arus lalu lintas, Disperkimhub sebelumnya juga menyampaikan himbauan mengenai aturan penggunaan ruas jalan bagi angkutan barang. Kendaraan truk atau mobil box yang memuat barang tidak diperbolehkan parkir yang memakan ruas atau badan jalan sehingga mengganggu arus lalu lintas pada ruas jalan tersebut. Para pemilik toko dihimbau untuk dapat menempatkan angkutan barang miliknya di lahan parkir milik toko. 

Selanjutnya untuk tertib dan teraturnya parkir kendaraan baik kendaraan milik toko maupun kendaraan pelanggan toko, para pemilik toko diminta untuk parkir pada tempat ysng yelah ada, mnempatkan personil ataupun karyawan toko untuk mengatur parkir kendaraan dengan catatan tidak dibenarkan untuk memungut biaya atas kendaraan yang terparkir di depan toko. 

Sebelumnya, salah satu Pengusaha Grosir Pasar Sibuhuan H Panekan Harahap mengatakan sangat berterima kasih kepada pihak Disperkimhub palas dan Patnernya atas kehadiran ke Toko saya untuk membawa Surat Himbauan. Tujuan ini sangatlah baik dan mulia, karena demi Ketertiban Umum dan memang aturan Disperkimhub Kabupaten Padang Lawas haruslah kita ikuti bersama-sama demi terciptanya suasana yang harmonis dan menghindari dari kemacetan. Kata. H. Panaekan harahap.

"Karena kita harus lebih mengutamakan Ketertiban Umum, agar lalu lintas tetap berjalan dengan lancar. Kalau lancar ketertiban umum maka Kabupaten Padang Lawas pun semakin Indah dan Rapi, kalau sudah Padang Lawas sudah Indan dan Rapi, maka sesuai dengan Visi Misi Bupati H Ali Sutan Harahap “Bercahaya” dan ini akan semakin nampak terwujud," tutur H. Panaekan Harahap.(WD41)

Komentar Anda

Berita Terkini