Pers Covid19


LARISPA


Dua Pintu Masuk ke Trans Aliaga Dijaga Tim Khusus Relawan Covid-19 Pemdes

HARIAN9 author photo

PALAS| H9
Apa yang dilakukan Pemerintah Desa (Pemdes) Se-Trans Aliga Kabupaten Palas ini patut diacungi jempol. Mereka membuat bahan Bayclin, Wypoll, dan Superpell untuk sterilisasi di dua pintu masuk desa. Petugas sterilisasi ini mampu untuk mendeteksi suhu tubuh langsung di chek up melalui Thermometer Digital agar mengetahui suhu tubuh kategori ODP, pengendaranya.

Camat Hutaraja Tinggi Sudaryono.S.Sos mengatakan pihaknya memulai dengan penyemprotan massal dan melakukan petugas sterilisasi di pintu masuk desa. Kegiatan ini jauh-jauh hari sudah menerapkan sejumlah upaya pencegahan  dengan kampanye cuci tangan pakai sabun.

"Petugas sterilisasi ini dibuat sebagai langkah antisipasi atas merebaknya virus Covid-19 agar desa bisa terhindar dari pandemi tersebut," katanya, Rabu (1/4/2020).

Acara ini dilakukan oleh Pemerintah Desa (Pemdes) Se-Trans Aliaga Kecamatan Hutaraja Tinggi Kabupaten Padang Lawas mulai Hari Selasa (31/3/2020) dengan hasil kesepakatan bersama seluruh Kades, Perangkat Desa, dan Masyarakatnya membentuk Tim Relawan Gabungan Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Pemdes se-Trans Aliaga.

Kegiatan hari ini dilakukan dari dipintu masuk Desa Ujung Batu 1, langsung dipantau oleh dan forkopimcam serta Pemdes Eks Tran Aliaga, yang diwakili Kepala Desa Ujung Batu I Hasan Basri. 

Dia menyebutkan, Pemdes sudah melakukan sterilisasi perbatasan wilayah Dua Pintu Masuk Desa Se-Trans Aliaga Kecamatan Huragi. 

"Kegiatan ini terdiri Tim Relawan dari Organisasi Karang Taruna, Organisasi PHBI, Organisasi PSHT, Banser, Bidan Desa,  Kader Posyandu,Tokoh Masyarakat,
Tokoh Agama,Tokoh Adat, dan Elemen Masyarakat Desa Ujung Batu I.II.III. & IV," ujarnya.
Juga dihadiri dari Bhabinkbatibmas polsek Sosa, Babinsa Makoramil 09/Sosa dan tokoh masyarakat.serta unsur terkait lainnya, setiap pagi hingga jam 10 malam, dengan ketentuan silih berganti yang jaga.

"Setelah kami mengikuti rapat Forkopimcam Gugus Tugas percepatan penanganan Covid-19 di Kantor Camat Hutaraja Tinggi beberapa hari yang lalu. Menyikapi dan menindaklanjuti surat edaran Bupati Palas H. Ali Sutan Harahap dengan nomor 045 / 1782 / 2020 tentang Peningkatan dan kewaspadaan terhadap Corona Virud Disease 2019 (Covid-19),  Kamis, 19 Maret 2020 lalu, itu ditujukan bagi seluruh lapisan dan elemen masyarakat di Kabupaten Padang Lawas," katanya.

Dan Surat Edaran dari Camat Hutaraja Tinggi Sudaryono, S.Sos dengan Nomor: 045/139/2020. Tentang peningkatan kewaspadaan terhadap corona virus disease (Covid-19). 

"Sejalan dengan hal tersebut diatas diadakan lagi rapat tingkat desa, setelah selesai di tingkat kecamatan dan kabupaten. Kata Hasan, Kepada awak media ini Rabu, (1/4/2020) disela sela penyemprotan kenderaan yang masuk dan keluar  ke wilayah desa tersebut," katanya.

Ini merupakan tindak lanjut dan arahan  Bupati Padang Lawas H. Ali Sutan Harahap, yang diteruskan ke kecamatan dan selanjutnya kepada seluruh kepala desa se-palas serta seluruh lapisan palas untuk segera melakukan penanganan penyebaran wabah corona.

Hasan Basri selaku Kepala Desa Ujung Batu I memaparkan, tujuan untuk Pemantauan Tanggap Covid-19 di Pintu Gerbang untuk menghubungkan 5 Desa adalah untuk memantau Warga yang masuk dari luar daerah. Karena Warga banyak yang Sekolah di daerah Pekan Baru, Medan, Padang, Jakarta, dan kota lainya.

"Penyemprotan Mobil menggunakan Bahan Bayclin. Wypoll dan Superpell. Selanjutnya untuk mendeteksi suhu tubuh langsung di chek up melalui Thermometer Digital agar mengetahui suhu tubuh Kategori ODP." paparnya.

Disamping itu, data sesuai dengan Nama, NIK. Jam masuk. Riwayat Perjalanan dilakukan ( yang sudah masuk data untuk Ujung Batu I ODP dan 38  org ) Pemantauan di lapangan sejak tanggal 29 Maret sampai dengan  tanggal 01 April 2020. 

Sementara itu, Kepala Desa Ujung Batu III, Mardi menjelaksan lebih lsnjut, hasil rapat, kegiatan sterilisasi perbatasan wilayah pintu masuk dilaksanakan mulai Selasa, 31 Maret 2020 dengan sasaran di dua titik yaitu pintu masuk dari Desa Ujung Batu I ke wilayah Pemdes Se-Trans Aliaga dan Pintu Masuk dari Ujung Batu  III -  ke wilayah Pemdes Se-Trans Aliaga.

"Petugas sterilisasi ini kami buat sebagai langkah antisipasi atas merebaknya virus Covid-19 agar desa kami bisa terhindar dari pandemi tersebut," kata Kepala Desa Ujung Batu III Mardi saat berbincang dengan awak media ini.

"Alat, bahan dan sarana prasarananya sudah disiapkan di dua titik tersebut. Tujuannya memutus mata rantai penyebaran virus Corona. Virus Corona ini muncul bukan karena terbang, namun dibawa, jadi Pemdes Se-Trans Aliaga melakukan sterilisasi kepada setiap orang dan kendaraan yang masuk dan keluar wilayah Pemdes Se-Trans Aliaga," kata pria yang akrab disapa Pak Mardi tersebut.

Mardi berharap, semua masyarakat dapat memakluminya dan mau bekerjasama untuk melawan penyebaran virus Corona tersebut.

"Mohon maaf jika nanti perjalannannya terganggu karena ini demi keselamatan kita semua. SOP sterilisasi pintu masuk yang dilaksanakan pada kegiatan tersebut, setiap kendaraan akan dihentikan petugas, penumpang diturunkan, kendaraan disterilisasi, penumpang diperiksa suruh Cuci tangan dengan alat yang sudah disediakan," beber Mardi.

Mardi mengaku, dengan penempatan petugas sterilisasi di pintu masuk desa ini diharapkan semua warga dan juga tamu yang akan berkunjung ke desa mereka bisa steril dari berbagai macam virus, terutama  yang tengah merebak. 

Agar semua orang bisa disterilisasi, jelas Hasan, di pintu masuk jalan desa yang terpasang spanduk pengumuman sterilisasi masuk wilayah agar lebih mudah dibaca dan dipahami oleh warga yang masuk dan keluar.

"Yang mau beraktivitas, baik masuk maupun keluar desa harus disterilkan dulu," tandas Mardi. (WD41)
Komentar Anda

Berita Terkini