Pers Covid19


LARISPA


Lapas Klas III Gunung Tua Bebaskan 83 Napi Secara Bertahap Dengan Program Asimilasi Dirumah

HARIAN9 author photo

PALUTA| H9
Dalam upaya pencegahan penyebaran wabah Corona Virus Disease 2019 (Covid-19), Lapas Klas III Gunung Tua kabupaten Padang Lawas Utara (Paluta) memberikan pembebasan  melalui program asimilasi di rumah sebanyak 83 narapidana secara bertahap.

Pembebasan dengan sistem program asimilasi di rumah itu diprioritaskan kepada narapidana yang memiliki kriteria seperti berkelakuan baik, mengikuti program pembinaan dan sudah menjalani pidananya 2/3 dari hukumannya.

Program ini sesuai dengan Permenkum HAM Nomor 10 tahun 2020 tentang Syarat Pemberian Asimilasi dan Hak Integrasi bagi Narapidana dan Anak dalam Rangka Pencegahan dan Penanggulangan Penyebaran Covid-19.

Kepala Lapas Klas III Gunung Tua Sangapta Surbakti mengatakan pembebasan napi dengan sistem prigram asimilasi di rumah ini sebanyak 83 napi dan dilakukan secara bertahap hingga 7 April mendatang.

“Kami telah mengambil langkah-langkah dan pelaksanaannya. Hari Rabu (1/4) Lapas Gunung Tua telah membebaskan 14 napi dan hari ini Kamis (2/4) sebanyak 20 napi juga bebas melalui program sistem asimilasi di rumah,” kata Sangapta Surbakti, Kamis  (2/4).

Lanjutnya, seluruh napi yang mendapatkan bebas asimilasi di rumah sebanyak 83 napi yang bebas itu bukanlah bebas murni melainkan bebas asimilasi di rumah dan tetap di pantau oleh Balai Pemasyarakatan (Bapas).

“Asimilasi dilaksanakan di rumah dan akan tetap di awasi Balai Pemasyarakatan,” sebutnya sembari menjelaskan bahwa seluruh napi yang bebas asimilasi di rumah itu juga sudah di chek kesehatan nya dan di pastikan sehat dan bebas dari Covid-19.(WD-009)
Komentar Anda

Berita Terkini