Pers Covid19


LARISPA


Pasien Diduga Suspect Corona Meninggal Dunia di RSUD Sultan Sulaiman Sergai

HARIAN9 author photo

SERDANG BEDAGAI | H9
Seorang pasien diduga Suspect Corona Virus Desease atau Covid 19, meninggal dunia di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Sultan Sulaiman, minggu (5/4/2020) sekira pukul 02.00 WIB. Pasien tersebut diketahui warga Kecamatan Dolok Masihul Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai). 

Hal ini dibenarkan oleh Direktur RSUD Sultan Sulaiman dr Nanda saat dikonfirmasi melalui pesan WhatsApp (WA) nya. Dikatakan dr Nanda, pasien merupakan rujukan dari RSUD Kumpulan Pane Kota Tebing Tinggi. 

"Pasien ini baru 1 hari mendapatkan perawan di RSUD Sultan Sulaiman. Sebelumnya, pasien sudah mendapatkan perawatan di RSUD Kumpulan Pane Kota Tebing Tinggi," ungkap dr Nanda Satria Hasrimy. 

Dijelaskan dr Nanda, sebelum meninggal, pasien juga rencananya akan dirujuk ke RS Marta Priska Medan, namun sebelum dirujuk, pasien sudah meninggal dunia. Dari hasil pemeriksaan, lanjut Nanda, bahwa penyakit yang diderita pasien, gejalanya mengarah ke suspect corona (belum positif). 

"Karena sudah mengarah kesana (suspect corona), jenazah pasien kita kemas sesuai SOP pasien Covid-19 dan dibawa dengan ambulan milik rumah sakit dan selanjutnya di makamkan tanpa ada warga yang mendekat," bilang Nanda. 

Terpisah, Kepala Dinas Kesehatan Sergai melalui Sekretaris dr Helmi Nur Sinaga melalui pesan Whatsapp (WA)nya menjelaskan, bahwa pasien tersebut bukan termasuk Orang Dalam Pantauan (ODP) atau Pasien Dalam Pengawasan (PDP) covid 19, karena sebelumnya pasien tidak ada laporan terpapar virus corona. 

"Sebelumnya, pasien tersebut berobat ke Rumah Sakit karena mempunyai penyakit sesak nafas, jantung dan ginjal," terangnya. 

Terkait proses pemakaman yang dilakukan seperti terpapar virus corona, Helmi menjelaskan bahwa itu sesuai dengan Surat Edaran (SE) Gubsu. Bagi pasien yang diduga terindikasi covid 19, pemakamannya juga harus sesuai SOP pasien positif corona. 

Pantauan di lokasi, pemulangan jenazah warga Dolok Masihul tersebut dikawal oleh pihak kepolisian, serta pemakamannya juga tanpa ada warga yang mendekat.(WPU06) 




Komentar Anda

Berita Terkini