Pers Covid19


LARISPA


Teleconference Dengan Ketua Umum PDI-P, Darma Wijaya : Sergai Negatif Corona, Tetap Bersinergi dan Waspada Mencegah

HARIAN9 author photo

SERDANG BEDAGAI | H9
Ketua Dewan Pimpinan Cabang Partai Demokrasi Indonesia-Perjuangan (DPC PDI-P) Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai) H. Darma Wijaya mengikuti kegiatan teleconference dengan Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri yang dilaksanakan pada rabu (1/4/2020) di kantor DPC PDI-P Sergai di Sei Rampah.

Dihadapan Megawati Soekarnoputri, H Darma Wijaya melaporkan perkembangan terkini kasus virus corona atau covid-19 di Kabupaten Sergai. Darma Wijaya melaporkan, bahwa hingga per tanggal 31 Maret 2020, Kabupaten Sergai masih terbebas dari kasus positif COVID-19.

Dari data yang diperoleh dari Dinas Kesehatan Kabupaten Sergai, lanjutnya, hingga jam 12 tanggal 31 Maret belum ditemukan pasien berstatus positif terjangkit Corona. Namun saat ini tercatat 2 orang masih dalam pengawasan (PDP) dan 434 berstatus dalam pemantauan (ODP). 

"Alhamdulillah, Sergai masih negatif corona. Kita sangat berharap, di Kabupaten Sergai, jumlah pasien positif tetap nihil dan penduduk berstatus PDP dan ODP bisa berkurang. Namun tentunya tidak cukup sekadar berharap, kita memerlukan tindakan nyata dan aktif terus menerus.”ungkap Darma Wijaya kepada Ketua DPP PDI.P Megawati Soekarnoputri melalui video teleconferencenya. 

Pria yang akrab dipanggil Wiwik ini juga menyampaikan, bahwa dalam menghadapi pandemi Coronavirus Disease 2019 (COVID-19) ini, pihaknya tak pernah henti hentinya mengimbau agar masyarakat Kabupaten Sergai tidak panik dan pantang pesimistis. Namun yang terpenting adalah sinergitas antar semua pihak dalam menghadapi wabah ini. 

"Dalam menghadapi masalah ini, kita juga telah menghimbau kepada seluruh unsur di masyarakat untuk aktif menjalankan peranannya masing-masing sesuai prosedur dan protokol yang sudah disampaikan oleh pemerintah secara disiplin dan ketat. Mulai dari pola hidup bersih dan sehat hingga penerapan physical distancing atau jarak fisik mesti betul-betul diterapkan. Selain itu, tingkat ketaatan kita terhadap aturan akan menentukan hidup dan mati, bukan hanya diri kita sendiri, tetapi publik secara luas.”ungkapnya.

Lebih lanjut, Darma Wijaya juga menyatakan dirinya dalam kapasitas sebagai Ketua DPC sekaligus sebagai Wakil Bupati Kabupaten Sergai akan terus berusaha maksimal menjalankan tugas dan tanggungjawab di tengah pandemi global ini. 

“Saya sangat berharap terutama kepada seluruh Kepala Desa yang baru saja menunaikan jabatan awal tahun ini agar bekerja maksimal, jangan berhenti mensosialisasikan dan mengedukasi masyarakat perihal bahaya dan cara menanggulangi COVID-19 ini.”pungkasnya.

Sementara itu, Ketua Umum PDI-P Megawati Soekarno Putri menyarankan agar setiap pihak terkait berhati-hati dalam prosedur sterilisasi, terutama penggunaan cairan disinfektan. Menurut Megawati, hal ini penting untuk diperhatikan agar penggunaan disinfektan, baik itu produk yang siap pakai maupun yang diracik secara mandiri, agar prosesnya diawasi oleh Dinas Kesehatan atau pihak terkait lainnya. 

"Kita juga menghimbau kepada masyarakat agar menggunakan cairan disinfektan sesuai aturan. Karena komposisi bahan aktif kimia yang terkandung di dalamnya jika salah langkah penggunaan, malah bisa menciptakan bencana kesehatan baru.”ungkapnya.

Selain itu, Ketua Umum PDI.P ini juga meminta kepada masyarakat untuk menahan diri di kediaman masing-masing dan tidak bepergian menunaikan mudik sementara waktu. Karena dikhawatirkan, penyebaran virus corona ini akan semakin meluas. 

"Mari kita berdiam diri di rumah dan tetap mengisolasi diri, sebab jika Bapak dan Ibu berangkat dari daerah episentrum penyebaran Corona, risikonya sangat besar karena berpotensi membawa pulang virus ke kampung halaman. Oleh karenanya mari kita dukung dan doa kan Pemerintah dalam menyelesaikan permasalahan ini,"pungkasnya.(WD023) 

Komentar Anda

Berita Terkini