Pers Covid19


LARISPA


Terkait Covid-19, BI Tiadakan Penukaran UPK Melalui Mobil Kas Keliling

HARIAN9 author photo

MEDAN| H9
Terkait dengan adanya Covid-19 ini Bank Indonesia (BI) tahun ini meniadakan penukaran uang pecahan baru untuk kebutuhan Lebaran tahun 2020 ini melalui mobil kas keliling.

"Karena kondisi tahun ini sangat berbeda, dimana ada berbagai pembatasan keluar rumah dan juga jaga jarak, maka pelaksanaan pemenuhan kebutuhan UPK (Uang Pecahan Kecil) bagi masyarakat yang memerlukan juga disesuaikan," ujar Kepala Kantor Perwakilan BI Provinsi Sumatera Utara  Wiwiek Sisto Widayat," katanya, Jumat (24/4/2020).

Penyesuaian dilakukan misalnya dengan peniadaan kegiatan penukaran uang yang dilakukan melalui Kas Keliling. Pemenuhan kebutuhan UPK masyarakat dipenuhi melalui penukaran di kantor-kantor cabang utama bank, kantor-kantor cabang pembantu perbankan di seluruh wilayah Sumut. 

"Kami pastikan bahwa kebutuhan masyarakat akan UPK akan tetap terpenuhi dengan baik dan pelaksanaannya dilakukan perbankan," ucapnya.

Terkait dengan jumlah uang yang disediakan BI untuk kebutuhan Ramadan dan Idul Fitri tahun 2020 ini mencapai Rp13,5 triliun. Jumlah uang ini akan sangat mencukupi kebutuhan masyarakat Sumut saat ini. 

Diakuinya, Tahun 2019 jumlah realisasi penarikan perbankan selama periode Ramadan dan Idul Fitri mencapai Rp9,8 triliun. Jadi persediaan saat ini lebih dari 137 persen.

Ketika disinggung penukaran uang UPK dipasar-pasar tradisional seperti yang dilakukan selama ini, Wiwiek mengatakan semua penukaran uang yang di luar kantor dan menggunakan mobil ditiadakan dulu.

Selama ini penukaran UPK pernah dilakukan di Lapangan Merdeka, Lapangan Benteng juga pasar-pasar tradisional dengan menggunakan mobil kas keliling berbagai perbankan dan berlangsung dengan aman dan lancar.(PP-04)
Komentar Anda

Berita Terkini