210 Warga Binaan Lapas Pancurbatu Terima Remisi Idul Fitri

HARIAN9 author photo
PANCURBATU| H9
Sebanyak 210 orang Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) IIA Pancurbatu mendapatkan remisi Hari Raya Idul Fitri 1441 H/2020.

Saat diwawancarai Kepala Lapas IIA Pancurbatu Haposan Silalahi Amd.IP S.Sos mengatakan "Jumlah warga binaan permasyarakatan yang mendapatkan remisi sebanyak 210 orang," Minggu (24/5/2020).

"Remisi khusus yang diterima warga binaan yaitu 119 orang mendapatkan remisi15 hari, 89 orang remisi 1 bulan dan 1 orang remisi 2 bulan. "Dari 210 orang yang mendapatkan remisi ada 13 orang yang mendapatkan pengeluaran dan pembebasan (Asimilasi)," sebut Haposan Silalahi diruang kerjanya.

Ia mengatakan khusus 13 orang yang mendapatkan asimilasi tetap akan dipantau pihak Bapas Medan. "Apabila pihak Bapas tidak dapat dihubungi keluarga ataupun penjamin napi sebanyak tiga kali, maka akan dijemput kembali. Hal ini mencegah si oknum tidak melakukan perbuatan kriminal kembali," ungkapnya.

Pemberian remisi atau pengurangan masa pidana diberikan kepada narapidana sudah diatur dalam UU RI Nomor 12 Tahun 1995 tentang Pemasyarakatan, dan Peraturan Pemerintah Nomor 32 Tahun 1999 tentang Syarat dan Tata Cara Pelaksanaan Hak WBP.

Menurut dia, remisi diberikan sebagai balasan bagi narapidana yang berkelakuan baik selama menjadi warga binaan. Pemberian remisi juga merupakan bagian dari pemenuhan hak narapidana oleh negara.(WM021)

Komentar Anda

Berita Terkini