939 Warga Miskin Dikelurahan Pasar Sibuhuan Palas Terima BLT Rp 600 Ribu/KK

HARIAN9 author photo
PALAS| H9
Masyarakat terdampak pandemik Covid 19 di Kabupaten Padang Lawas telah menerima penyaluran bantuan sosial (Bansos) dari Kementerian Sosial (Kemensos) RI, khususnya di kelurahan Pasar Sibuhuan dari lima kecamatan eks barumun. Selasa (12/5/2020) di Kantor Pos Sibuhuan Jalan Hasanuddin Kabupaten Palas, Provinsi Sumatera Utara.

Pemerintah pusat telah merealokasikan atau pengalokasian kembali anggaran untuk membantu perekonomian rumah tangga miskin (RTM) sebagai terdampak Covid-19 paling parah.

Yakni, lewat program pencairan bantuan langsung tunai (BLT) untuk mencukupi kebutuhan hidup selama tiga bulan. Sesuai Permendes Nomor 6 Tahun 2020 revisi dari Permendes Nomor 11 Tahun 2019 tentang Prioritas Penggunaan Dana Desa, setiap penerima BLT akan mendapat bantuan senilai Rp 600 ribu selama tiga bulan. Dengan tahap pertama pencairan dilaksanakan saat ini pada bulan Ramadan.

Bantuan Langsung Tunai (BLT) dari data pemerintah pusat, untuk kelurahan pasar sibuhuan Kabupaten Padang Lawas (Palas) dicarikan kepada masyarakat yang terdampak covid-19. Melalui kantor pos sibuhuan Hal ini setelah data penerima telah dinyatakan yang baru datang rampung sebanyak 939 kepala keluarga (KK).di tahap pertama ini.

Setiap kepala keluarga mendapatkan uang tunai sebesar Rp600 ribu. Kantor Pos Sibuhuan Kabupaten Padang Lawas menargetkan pada kamis (14/05/2020), dana yang dibagikan kepada masyarakat terdampak telah tersalurkan kepada 939 warga miskin di kelurahan Pasar Sibuhuan.

Bantuan sosial (Bansos) ini diberikan berasal dari tiga jenis sumber anggaran sebesar Rp 600.000 per keluarga yang akan diberikan, untuk penyaluran bantuan sosial pada hari ini sebanyak 270 orang.

Dalam hal ini, Pemerintah pusat sengaja mengunakan jasa PT Pos seperti yang dilakukan pencairan bansos covid-19 BLT di Provinsi lainnya.

Salah satu pegawai kantor pos mengatakan, pihaknya juga telah mencetak surat undangan ke kepala desa untuk diteruskan kepada masyarakat. Hal ini dilakukan untuk menghindari kerumuman warga dimasa pandemi covid 19.Bantuan ini akan dilaksanakan selama tiga tahap, yang dimulai pada bulan mei sampai agustus mendatang.

Pihak kantor pos mengatakan, terkait mekanisme pengambilan bantuannya berdasarkan nama dan nomor induk kependudukan (NIK), yang sudah tercantum di dalam daftar dan untuk itu masing masing satu kepala keluarga (KK) saja. Kata petugas yang mencairkan BLT tersebut.

Sementara data penerima BLT dari Pemerintah kabupaten palas yang diserahkan, untuk menerima bantuan dari Kemensos dan Pemerintah Provinsi Sumut belum berjalan. Mengingat saat ini baru data kemensos RI pusat.

Menurut keterangan Kepala Kantor Pos Indonesia Sibuhuan Pak Nas mengatakan, Masyarakat jangan Panik dimohon tenang karena Data Penerima BLT pencegahan Covid - 19 masih ada yang belum datang dari Kemensos RI, tolong yang sabar tutur Beliau.

Sesuai Data yang diterima Kantor POS untuk Kelurahan Pasar Sibuhuan sebanyak 939 peserta penerima Bantuan Langsung Tunai (BLT) dan untuk wilayah kerja Kantor POS Sibuhuan yang meliputi Lima kecamatan Eks Barumun sekira 4000 peserta Penerima BLT. (WD41)
Komentar Anda

Berita Terkini