-->

Alhamdulillah BPJS Kesehatan Diberikan Pemkab Palas, ke Warga Miskin di Desa Ramba

HARIAN9 author photo
PALAS| H9
Pemerintah Kabupaten Padang Lawas (Palas) memberikan jaminan pelayanan kesehatan BPJS kepada warga miskin di Desa Ramba, Kecamatan Huristak, Ahmad Nasir Siregar. 

Ahmad Nasir Siregar yang sudah menderita penyakit paru -paru dan sesak napas dalam kurin 2 tahun tetakhir ini, telah mendapatkan jaminan perlindungan pelayanan kesehatan dari pemerintah melalui Dinas Kesehatan (Dinkes ) Kabupaten Palas .

Demikian disampaikan Kadis Kesehatan Kabupaten Palas ,Hj Leli Ramayulis. SKM. M.Kes menyikapi warga miskin tidak pernah mendapat bantuan dan perhatian pemerintah.
Leli Ramayulis menjelaskan, warga miskin di Desa Ramba tersebut (Ahmad Nasir Siregar-Red), yang menderita penyakit paru -paru.

Leli mengatakan, Ahmad Nasir Siregar, memang benar menderita penyakit TB Paru sesuai hasil konfirmasi dengan pihak Puskesmas Huristak.

Namun Leli Ramayulis menyayangkan, warga tersebut tidak mau rutin berobat sehingga kondisi kesehatannya semakin menurun.

Kadis Kesehatan Kabupaten Padang Lawas, Hj Leli Ramayulis. SKM. M.Kes menunjukan kartu BPJS atas nama Ahmad Nasir Siregar, yang tergolong warga miskin yang mendapatkan jaminan fasilitas pelayanan kesehatan.

"Pemerintah menjamin warga miskin tetap mendapat fasilitas pelayanan jaminan sosial kesehatan baik di Puskesmas maupun RSUD Sibuhuan," kata Leli, Kamis (7/5/2020).

Menurut dia, jaminan sosial kesehatan bagi warga miskin menjadi tanggungan negara sehingga warga yang masuk dalam basis data terpadu warga miskin secara otomatis jaminan sosial kesehatan ditanggung dari APBN dan APBD, katanya 

Jaminan kesehatan bagi warga tidak mampu akan tetap menjadi perhatian pemerintah daerah agar mendapatkan pelayanan kesehatan dan perlindungan sosial kesehatan masyarakat bagi warga tidak mampu. Terang Kadis Kesehatan.

Sementara itu ditempat terpisah, Dalil Daulay (45), mengatakan, Alhamdulillah dirinya turut berterima kasih kepada pemkab melalui Dinas Kesehatan Kabupaten Padang Lawas setempat yang sudah memberikan BPJS Kesehatan kepada saudara Ahmad Nasir Siregar yang samgat tergolong miskin sekali di wilayah desa setempat bahkan mungkin di kecamatan tersebut.

"Saya sendiri srcara pribadi turut mengucapkan terima kasih kepada Pemkab Palas, yang sudah memberikan dan mengurus BPJS Kesehatannya Ahmad Nasir Siregar. Terus terang saya bangga atas tanggap pemkab palas atas persoalan ini," ujarnya.

Dalil mengaku jangankan untuk berobat, makan saja tidak cukup dalam keluarganya. "Jadi, saya pribadi berterima kasih sekali pada Pemkab Palas, yang menjaminBPJS Kesehatannya warga miskin tersebut, mereka sekeluarga beranggotakan enam orang yang terdiri dari empat orang anak dan istrinya Ahmad Nasir Siregar," ujar pria yang mengaku sebagai pekerja panggilan perbaikan instalasi listrik tersebut.

Hal senada diungkapkan boru Hasibuan (43), warga desa eks barteng. Ia mengatakan, sangat bersyukur sekali pemkab palas terus tanggap, cepat untuk mengurus dan membuatkan BJS Kesehatan kepada Keluarga Miskin yang berada didesa ramba tersebut, sehingga jika sakit tidak kesulitan lagi untuk berobat di rumah sakit atau fasilitas kesehatan lannya.

Sebab, pemegang kartu BPJS kesehatan tersebut, jika berobat di rumah sakit umum daerah (RSUD) dan puskesmas tidak dikenakan biaya berobat alias gratis karena sudah ditanggung BPJSK. Tutur Boru Hasibuan, sambil mengakhirinya.(WD41) 
Komentar Anda

Berita Terkini