-->

Antisipasi Malam Takbiran, Pemkab Palas Lakukan Ini..

HARIAN9 author photo
PALAS| H9
Hari yang di tunggu - tunggu seluruh umat Islam didunia setelah sebulan penuh menahan nafsu, lapar dan dahaga akan segera datang.

Tinggal beberapa hari bahkam hitungan jam lagi bulan Ramadhan akan ditinggalkan dan hari kemenangan sudah menunggu, tidak lain tidak bukan adalah Idul Fitri.

Idul Fitri 1441 H, (24-25/5/2020) M sudah di depan mata, seperti tahun - tahun sebelumnya, Idul Fitri (ID) Hal tersebut disebabkan masyarakat yang hendak melakukan takbiran keliling atau sekedar berjalan-jalan malam di pusat pasar Sibuhuan yang merupakan Ibukota Kabupaten Padang Lawas.

Tapi pada tahun ini tentunya akan berbeda, akan ada penurunan tingkat pase keramaian warga dimana saja. Dikarenakan pada tahun ini dunia sedang dilanda kesedihan akibat menyebarnya wabah mematikan virus COVID-19 yg mengharuskan kita aman di Rumah Saja dari pada ke rumah sakit atau lainnya yang lebih fatal akibatnya.

"Meskipun kita dihimbau tegas oleh pemerintah untuk aman dirumah dan tidak mudik, serta pusat keramaian ditutup, protokol kesehatan terus di kumadangkan, namun saya yakin jalanan tidak akan sepi oleh masyarakat dan angkutan yang merayakan kemenangan di hari Idul Fitri nanti" Ujar M. Irfan Taguh. A.Pi. yang merupakan Kasi Angkutan dan Terminal Disperkimhub Palas disela sela persiapkan jadwal personil yang akan jaga.

Sampai saat ini, Kabupaten Padang Lawas Provinsi Sumatera Utara masih zona hijau (data dinkes dan diskominfo) padang lawas. Tutur Irfan kepada Harian9.com Rabu (21/05/2020) Malam sekira pukul 23.00, setelah mempersiapkan jadwal yang akan jaga seusai rapat dengan personil yang dipimpin langsung oleh Kadis Perkimhub.

"Selain itu, Sarmadan mengatakan, Meskipun belum ada himbauan dan arahan kepada kami, tapi kami tetap siaga untuk mengantisipasi kemacatan lalu lintas diwilayah kabupaten padang lawas terutama dimalam takbiran, khususnya di wilayah pasar sibuhuan". Kata Kabid Lalu Lintas dan Angkutan Jalan, Kamis 20/5/2020

Sarmadan Siregar juga menambahkan,  bahwa jauh hari dia sudah memerintahkan Kepala Seksi Angkutan dan Terminal untuk membuat Surat Perintah Tugas Pengamanan Arus Lalu Lintas di malam takbiran.

Hal ini kita laksanakan berdasarkan Undang undang Nomor: 22 tahun 2009, tentang Lalu lintas dan angkutan jalan, permen nomor: 12 tahun 2016 tentang Organisasi perangkat daerah, Permendagri nomor: 57 tahun 2007 tentang petunjuk teknis OPD, Perda Pemkab Palas nomor: 05 tahun 2016 tentang pembentukan susunan organisasi dan tata kerja perangkat daerah pemjab palas dan dokumen pelaksanaan anggaran SKPD Dinas Perumahan Kawasan Pemukiman Dan Perhubungan kabupaten palas. Kata Sarmadan Siregar.

Sementara Plt. Kepala Dinas Perkimhub Kabupaten Padang Lawas Ir. Abdullah didampingi sekretaris disperkimhub Ramli Hasibuan, S.Pd membenarkan bahwa dalam mengantisipasi Kemacatan Arus Lalu Lintas, telah mempersiapkan personil dan sudah menandatangani Surat Perintah Tugas. Kata kadisperkimhub palas.

Ir. Abdullah meminta, personil yang sudah di tunjuk agar berkerja dengan maksimal, sebab menurut pria yg juga bertugas sebagai staf ahli di kantor bupati ini kemacatan lalu lintas akan terjadi jika masyarakat merayakan takbiran ke jalan, dan meminta personil gatur lalin tetap mengutamakan keselamatan. Ujarnya.

"Ditempat terpisah, Kasubbag Umum dan Kepegawaian Disperkimhub Febriwani Harahap ST, ketika dihubungi lewat telepon selulernya menjelaskan. SPT sudah ditandatangani oleh Bapak Kadis Perkimhub dengan Nomor : 094/446/2020 tanggal 20/5/2020." Katanya Dan rencana akan diserahkan hari ini tambah wanita berparas cantik serta murah senyum ini. Sebutnya.

SPT itu bertujuan untuk melaksanakan pengamanan arus lalin dimalam takbiran agar tidak terjadi kemacetan yang berarti, yang akan dimulai pada tanggal 23 mei 2020, jam 20.00 wib s/d 12.00 wib, yang dipusatkan di simpang empat pasar sibuhuan, kecamatan barumun, yang merupakan pusat keramaian dan tidak menutup kemungkinan akan terjadi macet. Katanya sembari mengakhiri pembicaraannya. (WD41).
Komentar Anda

Berita Terkini