Pers Covid19


LARISPA


Antisipasi Penyebaran Covid-19, Bupati Tapsel Imbau Warga Gunakan Masker

HARIAN9 author photo
TAPSEL| H9
Guna memutus mata rantai penyebaran Corona Virus Disease (Covid-19), Bupati Tapanuli Selatan (Tapsel) Syahrul M Pasaribu diwakili Sekdakab Tapsel Drs. Parulian Nasution membagikan seribu masker kain kepada masyarakat khususnya kepada para pedagang dan warga yang berada di Pasar Sipirok, sekaligus memberikan imbauan agar warga mengunakan masker saat beraktivitas, Kamis (7/05/2020).

Pada kegiatan tersebut, Sekdakab Drs. Parulian Nasution selaku Ketua Pelaksana Harian Gugus Tugas Covid-19, Kaban Kesbangpol Hamdy S Pulungan, Kalaksa BPBD Ilham Suhardi, Kasatpol PP Zulkifli Harahap, Kadis Kesehatan dr. Sri Khairunnisa, Sekretaris BPBD Umar Halomoan Daylay, Sekretaris Satpol PP, Camat Sipirok dan Kepala Puskesmas Danau Marsabut.

Pada kesempatan tersebut Sekdakab Tapsel Drs. Parulian Nasution selaku Pelaksana Ketua Harian Gugus Tugas Covid-19 menyampaikan, agar masker ini dibagikan kepada warga yang beraktivitas di pusat perbelanjaan digunakan semestinya untuk memvegah penularan covid-19.

“ Apalagi saat ini hari pekan dan saya lihat masih banyak para pedagang dan pembeli yang belum menggunakan masker, untuk itulah kita menyarankan kepada masyarakat agar setiap keluar rumah untuk menggunakan masker, “ kata Sekda.

Ia juga berharap, semoga dengan dibagikannnya masker ini diharapkan bisa mendorong kesadaran masyarakat untuk menggunakan masker sebagai pelindung diri dalam mengantisipasi penyebaran Covid-19.

“ Selain membagikan masker, Pemkab Tapsel juga terus  melakukan kegiatan dan imbauan dalam pencegahan penyebaran Covid-19, diantaranya dengan melaksanakan penyemprotan disinfektan secara rutin baik di jalan-jalan maupun di fasilitas umum dan rumah ibadah di setiap Kecamatan yang ada di Tapsel, “ ucapnya.

Pada kesempatan itu, Sekda juga menyerahkan bantuan logistik berupa air mineral, snack, vitamin, disenfektan alami, masker, topi dan tas kepada petugas Covid-19 di Posko Sipirok dan Posko Batangtoru.

“ Bahwasanya kedua Posko Covid-19 yang berada di Kecamatan Sipirok dan Kecamatan Batang Toru sudah cukup bagus dan sudah memenuhi standar protokol kesehatan, semoga dengan adanya posko Covid 19 ini, kiranya dapat membantu untuk mencegah penyebaran Covid-19 di daerah Tapanuli Selatan, “ terangnya.

Ia juga menjelaskan, dari aktivitas transportasi, seluruh pengemudi yang datang dari luar daerah diberhentikan sementara oleh petugas Posko, guna melakukan pemeriksaan suhu dan mengisi pendataan riwayatnya yang dari mana dan mau kemana jika tamu menunjukkan gejala virus corona maka akan dibawa ke Puskesmas terdekat untuk pemeriksaan lebih lanjut. 

“ Apabila tamu tersebut terdeteksi gejala Covid-19 maka tamu tersebut akan di rujuk ke Rumah Sakit Rujukan Covid-19, sedangkan jika tamu tersebut dari daerah zona merah maka sudah tentu menjadi status ODP yang harus di isolasi selama 14 hari, “ paparnya. (WD.014)
Komentar Anda

Berita Terkini