Dapati TKI Baru Pulang Dari Hongkong, Pos Screening Covid 19 Sumberbaru Lakukan Pencermatan Dan Kirim Ke Pusat Karantina JSG

harian9 author photo

JEMBER| H9
Upaya pencegahan penularan covid 19 di Kabupaten Jember, terus dilakukan oleh semua unsur Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid 19 Kabupaten Jember, baik unsur Forkopimda hingga tingkat Pos Screening di pintu masuk perbatasan Kabupaten Jember.

Seperti yang dilakukan di Pos Perbatasan Kabupaten Jember dan Kabupaten Lumajang, yaitu Pos Screening covid 19 Kec Sumberbaru, yang sekaligus dijadikan pos observasi arus mudik, melakukan pencermatan terhadap warga masyarakat yang akan memasuki Kabupaten Jember.

Pada Senin (04/05/2020) Pukul 23.17 WIB, saat menyetop salah satu bus, yang mendapati tenaga kerja Indonesia (TKI) yang pulang dari Hongkong, untuk TKI Asal Jember tersebut sebanyak 6 orang langsung diturunkan dan dilakukan penyemprotan disinfecktan dan cuci tangan selanjutnya melakukan test screening oleh petugas kesehatan.

Setelah dilakukan screening, petugas memberikan arahan kepada ke enam TKI tersebut untuk menjalani  karantina atau isolasi terlebih dahulu sebelum ketemu keluarga dan kerabatnya, mereka harus melakukan isolasi terpusat di Jember Sport Garden (JSG) sebagai pusat karantina di Kabupaten Jember.

Menurut Kapten Inf Erwin Daud yang menjabat sebagai Perwira Siaga Pos Covid 19 tersebut saat kami konfirmasi, membenarkan adanya sejumlah TKI yang baru pulang dari Hongkong tersebut, mereka sudah kita lakukan screening awal, kemudian kita arahkan untuk melaksanakan karantina terlebih dahulu di JSG Jember, mereka mau dengan sukarela lalu kita antar dengan 2 unit ambulance, menuju pusat karantina JSG Jember.

Saat kami tanyakan nama-nama TKI tersebut, Kapten Inf Erwin Daud menyampaikan bahwa untuk nama-nama saya tidak begitu hafal, namun mereka yang jelas ada seorang laki-laki dan 5 orang perempuan dengan domisili diantaranya dari Panti, Rambipuji, Ambulu, dan Tempurejo, mereka beserta datanya sudah kita serahkan ke JSG.   

Menyikapi hal tersebut Komandan Kodim 0824/Jember Letkol Inf  La Ode Muhammad Nurdin, saat kita konfirmasi menyampaikan terima kasih atas kerja keras semua personel di Posko Pintu masuk Perbatasan, Posko Perbatasan memiliki peran yang sangat penting dalam ikut serta memutus rantai penularan covid 19, dengan upaya pencermatannya terhadap warga yang masuk Kabupaten Jember.

"Kemudian kepada warga masyarakat saya berharap agar jangan terlalu takut apabila harus masuk pusat karantina, karena di pusat karantina JSG ini sudah kita sediakan ruangan dengan standar yang memadai, tenaga medisnya juga lengkap berikut sarana prasaranannya juga sudah sangat layak, mereka kita jamin kenyamanannya, dan yang terpenting kita sediakan tempat tersebut untuk perawatan masyarakat agar semakin sehat, dan aman dapat bertemu dengan keluarganya setelah menjalani masa karantina disana," kata Komandan Kodim 0824/Jember. (Siswandi) 

(Foto: Siswandi) 


Komentar Anda

Berita Terkini