-->

Desa Padang Garugur Salurkan BLT DD Bagi Warga Terdampak Covid-19

HARIAN9 author photo
PALUTA| H9
Desa Padang Garugur, kecamatan Padang Bolak, kabupaten Padang Lawas Utara (Paluta) gelar penyaluran Bantuan Langsung Tunai (BLT) yang bersumber dari Dana Desa (DD) tahun anggaran 2020 bagi masyarakat miskin yang terdampak Pandemi Covid-19, Kamis (21/5).

Penyaluran bantuan kepada masyarakat miskin terdampak Covid-19 ini dilakukan langsung oleh Kepala desa Padang Garugur Imrad Daud Siregar. Turut hadir petugas dari TNI (Babinsa), petugas dari kepolisian (Babinkamtibmas), Ketua BPD beserta anggota, Pendamping Lokal Desa dan penerima manfaat BLT DD.

Kepala Desa Padang Garugur Imran Daud Siregar menyebutkan, ada 41 kepala keluarga didesanya yang terdata untuk menerima BLT-DD tersebut.

“Penyalurannya dipusatkan di Balai desa kita dan langsung diterima oleh warga. Ada 41 KK yang menerima bantuan dengan jumlah Rp600 ribu untuk setiap kepala keluarga,” jelasnya.

Katanya, bantuan ini adalah tahap pertama atau jatah untuk bulan pertama dari 3 bulan yang direncanakan dan dianggarkan dalam APBDes.

Ia menambahkan bahwa penerima bantuan ini merupakan hasil Musyawarah Desa Khusus yang menghasilkan kesepakatan bahwa sesuai edaran Menteri Desa dan Daerah Tertinggal, masyarakat yang terdampak COVID-19 akan mendapatkan BLT DD dengan beberapa kriteria atau persyaratan.

“Data penerima ini merupakan hasil Musdes khusus yang kita lakukan bersama PD, PLD, Babinsa, Babinkamtibmas, BPD dan seluruh lembaga yang ada didesa Padang Garugur,” jelasnya.

Imran menambahkan bahwa Penyaluran BLT DD bagi masyarakat miskin yang terdampak Covid-19 merupakan upaya pemerintah pusat dalam hal ini Kementerian Desa, Pembangunan Daerah tertinggal dan Transmigrasi melalui APBDes  untuk membantu beban masyarakat yang miskin dan kurang mampu serta kehilangan mata pencaharian dengan adanya himbauan pemerintah pembatasan aktivitas diluar rumah karena adanya wabah Virus corona sehingga sebagian masyarakat kehilangan penghasilan dalam pemenuhan kebutuhan sehari-hari.

“Semoga bantuan ini dapat dimanfaatkan sebaik mungkin untuk meringankan beban warga yang terdampak. Dan semoga kondisi ini dapat segera berlalu dan situasi kembali normal,” harapnya

Untuk diketahui, setelah mewabahnya pandemi virus corona di indonesia sejak awal Maret 2020 lalu, pemerintah pusat dan daerah melalui Kementerian Desa menginstruksikan kepada para kepala desa seluruh indonesia untuk segera melakukan perubahan APBDes agar di dalam APBDes ada 3 (tiga) jenis program prioritas yakni Penanggulangan covid -19, Padat Karya Tunai Desa, dan Pemberian Bantuan Langsung Tunai Dana Desa.(WD-009)
Komentar Anda

Berita Terkini