Diprediksi Bertambah, Panitia Zakat Masjid Diimbau Data Ulang Jumlah Penerima Mustahiq

HARIAN9 author photo
MEDAN| H9
Jumlah calon penerima zakat diprediksi akan bertambah dari tahun sebelumnya. Ketua Badan Kemakmuran Masjid (BKM) Al-Hidayah, Jalan Budi Luhur, Kelurahan Dwi Kora, Medan Dr Aswan Jaya menghimbau Panitia zakat di setiap masjid untuk mendata ulang calon penerima zakat atau mustahiq.

"Saya memprediksi jumlah calon penerima zakat bisa bertambah lebih dua kali lipat dan mereka adalah Mustahiq yang harus di perhatikan," Kata Dr Aswan Jaya,  Jumat (15/5/2020).

Kesimpulan tersebut dilihat dari pengalaman BKM Al Hidayah yang telah lakukan pendataan ulang calon penerima zakat tahun ini di lingkungan Masjid Al-Hidayah.

"Ditemukan banyak sekali masyarakat yang ekonominya ambruk akibat pandemi Covid-19 dan menjadi miskin, sehingga menjadi mustahiq. Padahal pada tahun lalu mereka menjadi pembayar zakat atau muzakki" ujar Wakil Ketua DPD PDI Perjuangan Sumut Tersebut.

Lebih lanjut, Dr Aswan mengatakan bahwa bertambahnya jumlah penerima zakat dilingkungan Masjid Al Hidayah hampir dipastikan terjadi juga di tempat lain karena hampir semua tempat terdampak pandemi Covid-19.

"Banyak sekali masyarakat yang sebelumnya bekerja diberbagai sektor, seperti pekerja bangunan, supir, betor, karyawan pertokoan dan cafe-cafe, buruh dan lain sebagainya, terpaksa berhenti bekerja akibat dari pandemi Covid-19 dan tentu menimbulkan dampak ekonomi yang luar biasa," imbuhnya

Selain itu, Aswan Jaya menambahkan bahwa dengan membengkaknya jumlah mustahiq, panitia zakat harus benar-benar mendata kembali, jangan hanya mengandalkan data tahun lalu.

"Saya menyakini bahwa hal yang sama juga terjadi di lingkungan masjid-masjid lain, karena itu, panitia zakat tidak boleh berpatokan pada data tahun lalu, panitia harus turun kelapangan untuk memastikan mustahiq agar tidak ada yang terlewat," tegas Aswan.

Terakhir Aswan mengimbau kepada pembayar zakat untuk menyegerakan membayar zakat agar panitia zakat bisa segera membagikan zakat kepada penerima zakat lebih cepat, sebelum Idul Fitri.(WM021)
Komentar Anda

Berita Terkini