Pers Covid19


LARISPA


Jalani Puasa Ramadhan dan Hadapi Covid-19, Pemdes Ujung Batu IV Santuni Anak Yatim

HARIAN9 author photo
PALAS| H9
Menjalani ibadah puasa di bulan suci Ramadhan 1441 Hijriyah dan sekaligus mengurangi dampak Covid-19 yang masih mewabah, Pemerintah Desa (Pemdes) bersama Forkopimdes Desa Ujung Batu IV, Kecamatan Hutaraja Tinggi, Kabupaten Padang Lawas memberikan santunan kepada 44 anak yatim se-Desa Ujung Batu IV.

Pemberian santunan yang langsung diberikan kepada Anak yatim tersebut bertempat di Mesjid Jami Al Hidayah Desa Ujung Batu IV. Sabtu (09/05/2020) pukul 21 sampai 22.30 wib. dipimpin langsung Kepala Desa Ujung Batu IV, Idham Kholik Simanjuntak. didampingi Bhabinsa, Bhabinkamtibmas, dan perangkat desa serta Forkopimdes.

Panitia santunan anak yatim desa ujung batu IV, Ketua Masaluddin.S.Pd.I, bersama Sekretaris Utoyo Paibar Ali dan
Bendahara Margianto dalam laporannya mengatakan, sumber dana untuk pengadaan santunan, yang terkumpul sebesar 106.021.000 rupiah, yang bersumber dari pihak Pemdes, dana juga diperoleh dari sumbangan donatur yang merupakan warga setempat. Diantaranya Yakni dari Kotak keliling setiap sholat Jumat, Majlis Taklim se ujung batu IV,  Karang Taruna Rw 01.02 03.04,  Ormas Wong Cilik Pinggiran dan Dermawan muslimin muslimat se ujung batu IV. Ujar Ketua Panitia Pelaksana Masaluddin.S.Pd.I. dalam laporannya.

Sekretaris Panitia Kegiatan Santunan Anak yatim Utoyo Paibar Ali  menuturkan, bahwa Pemerintah Desa Ujung Batu IV telah menyantuni sebanyak 44 anak yatim dan terkumpul sampai hari ini berjumlah Rp 106.021.000. Kemudian di bagikan ke penerima sebesar Rp 2.405.000 per  orang sisanya untuk snack dan minuman dalam menyantuni anak yatim tersebut. 

Dijelaskan Bendahara Panitia Kegiatan Santunan Anak Yatim Margianto, dana yang terkumpul dan yang dibagikan untuk seluruh anak yatim se-desa ujung batu IV ini, “Untuk dana santunan, kami dari Pemdes rutin menyisihkan sedikit rezeki ditambah bantuan dari donatur yang juga secara rutin menyisihkan hartanya untuk anak-anak yatim dan yang ada di desa kami,” Jelas Margianto.

Sementara Kepala Desa Ujung Batu IV, Idham Kholik Simanjuntak mengatakan, santunan diberikan sebagai wujud kepedulian Pemerintah Desa dan Forkopimdes terhadap anak yatim dalam menjalani, menghadapi bulan suci Ramadhan sekaligus mengurangi dampak Covid-19.

" Saya selaku kades, juga sebagai pengasuh anak yatim piatu, Uang santunan tersebut hendaknya janganlah disalah gunakan, kiranya uang santunan dapat dipergunakan untuk yang bermampaat pada anak yatim piatu tersebut. Ucap Kades.

Disamping itu, Santunan yang diserahkan kepada anak yatim berupa uang Tunai yang berasal dari patungan Kades dan Forkopimdes serta seluruh perangkat desa ditambah bantuan donatur.“Namun kita harap dapat meringankan beban anak anak yatim di Desa Ujung Batu IV.

Alhamdulillah, kegiatan penyantunan dan ini bukan menggunakan uang dari bantuan covid-19, Bansos maupun Dana Desa. Semoga ini menjadi contoh bagi desa-desa yang lainnya, karena menurutnya, kegiatan tersebut selain dapat meringankan beban sesama juga sebagai ladang amal di masa yang akan datang," pungkas Kades.

Dikesempatan yang sama, salah satu dari keluarga penerima santunan, megucapkan terima kasih banyak t kepada Pemdes Ujung Batu IV, baik kades dan seluruh panitia serta donatur, selain mejalankan ibadah puasa di bulan suci ramadhan ini serta Peduli dampak Coronavirus Disease atau Covid-19.

"Semoga seluruh yang memberikan santunan ini diberikan allah kesehatan, dan rezeki yang berlimpah, ujar salah satu yang mewakili keluarga anak yatim piatu tersebut, sembari mengusap air matanya karena senang anak yatim dan piatu dapat bantuan santunan untuk meringankan bebannya dari pemdes, forkopimdes serta dari donatur tersebut. (WD41)
Komentar Anda

Berita Terkini