Pers Covid19


LARISPA


Kadis Perkimhub Palas Berikan Apresiasi pada Petugas di PAM Covid-19

HARIAN9 author photo
PALAS| H9
Dalam rangka memutus mata rantai penyebaran Corona Virus Disease (COVID-19) Pemerintah Pusat, melalui kementerian perhubungan dan pemerintah daerah mengeluarkan intruksi dan peraturan serta surat edaran perihal Penanganan Pencegahan Penyebaran  COVID-19.

Salah satunya Peratutran menteri perhubungan PM 18 tahun 2020. Tentang Pengendalian Transportasi dalam Rangka Pencegahan Corona Virus Disease (COVID-19). 

Yang berisikan semua pihak terkait agar bersama ikut mengawasi dan membatasi aktifitas transportasi dalam hal ini angkutan bermotor di perbatasan.

Sama seperti halnya di daerah lain se indonesia, semua perbatasan dijaga ketat terutama aktifitas orang masuk dan keluar daerah.

 Tak terkecuali Di Kabupaten Padang Lawas,  ada 4 posko pengamanan COVID-19 (Pos Pam) Pos.

Empat (4) titik posko Covid-19 tersebut yaitu, di Kecamatan Barumun Tengah posko langsung di Mapolsek Barumun Tengah, akses jalinsum Sibuhuan, Kabupaten Padang Lawas (Palas) menuju Gunung Tua Kabupaten Padang Lawas Utara (Paluta), di Kecamatan Sosopan Poskonya berada di Desa Simartolu, Akses Jalan Sibuhuan Menuju Pasar Matanggor Kabupaten Padang Lawas Utara (Paluta).

Kemudian, di Kecamatan Sosa Timur poskonya berada di Desa Muara tige, jalinsum Kabupaten Palas, Sumut menuju Kabupaten Rokan Hulu (Rohul) Provinsi Riau, Serta di Kecamatan Huta Raja Tinggi posko di Desa Sei Korang. Juga jalinsum Kabupaten Palas, Sumut menuju Kabupaten Rokan Hulu (Rohul) Provinsi Riau.

Setiap Posko dijaga Gugus tugas yaitu gabungan Dinas Kesehatan BPBD, TNI, POLRI, Dinas Perhubungan, SATPOL PP, DAMKAR dan pihak Kecamatan. Fungsi Dinas Perhubungan sebagai pengendalian lalu lintas dan transportasi jalan.

Sebelumnya, Plt Kepala Dinas Perumahan Kawasan Permukiman dan Perhubungan kab Padang Lawas, Sumut. Mengapresiasi kinerja para petugasnya.

 "Saya mengapresiasi dan bangga dengan para anggota Bidang Perhubungan yg sudah dan selalu aktif bekerja diperbatasan dalam menjalankan tugasnya yg sudah berjalan satu bulan mulai tanggal 9 April sampai tanggal 8 Mei tanpa lelah selama 24 jam bergiliran. Dan saya juga mengapresiasi kepada pihak terkait lainnya" Kata Ir. Abdullah ketika di jumpai di Ruangannya (8/5/20) yang lalu.

Sarmadan Siregar Kepala Bidang Lalu Lintas Angkutan Jalan Disperkimhub kabupaten Padang Lawas yang baru pulang dari Monitoring  anggotanya di Pos Pam Kecamatan Sosa Timur. Minggu (10/05/2020) malam, sekira 23.30 wib. 

"Saya sangat bangga dengan kinerja anggota saya selama satu bulan ini, saya katakan bahwa mereka garda terdepan, mulai dari memberhentikan kendaraan sampai mengatur parkir dan lalu lintas agar tidak ada yg luput dari pemeriksaan dan tidak terjadi kemacatan pada saat pemeriksaan." kata pria paruh baya yang masih terlihat segar ini.

Sementata itu, di pos Pam COVID-19 kecamatan Sosopan terlihat aktifitas pengendalian tranportasi, supir dan penumpang tidak luput dari pemeriksaan baik kesehatan supir, penumpang maupun kebersihan angkutan.

"Kami senang bisa ikut terlibat dalam kegiatan ini, meskipun rasa was-was terpapar virus terus menghampiri" ujar Rahmat dan Toni Pegawai honor disperkimhub yg bertugas. Disela sela pengawasan sedang berlamgsung.

Ditempat lain, Pos COVID-19 Kecamatan Hutaraja Tinggi, Imam Solihin dan Untung pegawai honor dishub juga senang bisa terlibat menjaga pos pam "kerja itu adalah ibadah" senada juga dikatakan Rizki, Linda, Sarifah, Sakti, Rasid dan Lainnya di pos binaa dan sosa timur. Mereka berharap doa dari masyarakat palas Semoga COVID-19 ini segera berakhir. 

Ditambahkan M.Irfan Teguh, A.Pi mengatakan selalu berdoa semoga anggota perhubungan dan pihak gugus tugas lainnya tetap diberi kesehatan oleh Allah Swt, sebab masih ada 21 hari lagi bertugas sesuai jadwal yg telah ditetapkan sampai habis lebaran.

"Alhamdulillah, Sampai saat ini belum ada kendala dilapangan dalam penanganan pencegahan penyebaran Covid-19, semua tercipta atas kerjasama seluruh pihak terkait, juga seluruh pengendera yang masuk dan keluar kabupaten padang lawas, wujud nyata kinerja Tim gabungan Gugus Tugas Covid-19 Kabupaten palas yang terus bersinergi, bahu mambahu dalam menjalankan tugas di posko-posko perbatasan pintu masuk keluar palas," pungkas Irfan, seraya mengakhiri ucapannya untuk istrirahat sejenak setelah pulang bersama kabid dari memonitoring keanggotaan Disperkimhub palas di posko perbatasan.

Dikesempatan yang sama, salah satu seorang supir truk angkutan, mengatakan, dengan adanya pos pam dan covid-19 ini, rasa was-was saya semakin hilang, karena setibanya kita di setiap pos Covid-19 dan pam masuk dan keluar kabupaten padang lawas ini, kita selalu dicek kesehatannya.

"Di pos selalu ada tersedia test suhu tubuh, dengan thermometer gun, cuci tangan, pengarahan, bimbingan, serta lainnya yang buat kita nyaman dalam perjalanan," pungkas bapak supir truk angkutan tanki yang sudah lama menggeluti sebagai profesi supir ini. (WD41).
Komentar Anda

Berita Terkini