PAW, Afriady Harahap, S.Pd Pimpin Organda Padang Lawas

HARIAN9 author photo
PALAS| H9
Dalam rangka mengoptimalkan kinerja dengan kerja nyata untuk anggota, maka Pergantian Antar Waktu ( PAW) Pengurus Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Organisasi Angkutan Darat (Organda) Kabupaten Padang Lawas (Palas) dikarenakan adanya pengurus yang tidak aktif, dan adanya surat usulan DPC Organda Palas tentang perubahan pengurus dan personalia tertanggal 04 Ferbruari 2020. Kepada DPD Organda Provinsi Sumatera Utara.

Sesuai dengan usulan tersebut,  Pengurus dan personalia DPC Organda Palas periode 2019-2024, yang baru ditetapkan oleh Ketua DPD Organda Provsu Dr. Haposan Siallangan, SH, MH bersama Sekretaris H. Indra Lubis, MBA di Medan. ( Selasa,25/02).

Organisasi Angkutan Darat (ORGANDA) ada yang menyebutnya Organisasi Pengusaha Nasional Angkutan Darat adalah gabungan dari Organisasi - organisasi pengusaha angkutan darat yang  dibentuk pada tanggal 30 juni 1962 di selecta Malang.

Di beberapa daerah yang sudah lama berkembang khususnya di bidang perhubungan yaitu ekonomi angkutan jalan dipastikan tahu dengan Organisasi angkutan Darat (Organda). Khususnya mereka para pengusaha/pemilik angkutan.

Untuk Daerah yang baru berkembang ekonomi angkutannya, kemungkinan nama Organda yang berada dibawah lingkungan kerja Kementerian Perhubungan Masih hal baru. Seperti Kabupaten Padang Lawas masih banyak pengusaha angkutan yang belum tahu maksud tujuan dan fungsi organda.

DPC ORGANDA Kabupaten Padang Lawas, Surat Keputusan Nomor SKEP 08/DPD-SU/II/2020  adalah dari Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Organda Provinsi Sumatera Utara dan DPP ORGANDA Republik Indonesia yang langsung di bawah pengawasan Pemerintah Pusat yaitu Kementerian Perhubungan RI" Kata Afriady Harahap, S.Pd Kamis, (14/05/2020) yang saat ini menjabat sebagai Ketua DPC. ORGANDA Kabupaten Palas, Sumut.

Menurut Ketua Organda Palas yang baru, Afriady Harahap S.Pd menjelaskan, jika pengukuhan atau perubahan susunan ini dilakukan sebagai penambah daya untuk meningkatkan kerja kepengurusan organda di Padang Lawas, "karena angkutan merupakan yang utama," tuturnya selepas rapat koordinasi dengan disperkimhub palas.

Ia menambahkan, didampingi jajaran pengurus lainnya" Ini tugas berat dan tantangan buat kami, karena sebelumnya Organda sempat pakum padahal masih banyak yang belum paham. Organda adalah Organisasi Propesional yg mempunyai maksud dan tujuan sebagai wadah penampung aspirasi anggota dan dapat meningkatkan ekonomi anggota di bidang angkutan. 

Selain itu, Ia menjelaskan bahwa kegiatan PAW ini sebagai amanat AD/ ART untuk melakukan evaluasi kinerja kepengurusan, maka dari itu pihaknya mengucapkan kepada semua pihak yang telah turut menyukseskan acara PAW ini. 

"Disamping itu, Kami mengharapkan dukungan pemerintah daerah yaitu bapak Bupati Padang Lawas melalui instansi terkait yaitu Dinas Perhubungan dan Kepolisian, kiranya dapat membantu kami untuk Memajukan ekonomi Kabupaten Padang Lawas" ujarnya.

Masih banyak Pengusaha/Pemilik Angkutan Bermotor yang belum paham dan belum bergabung sebagai anggota Organda. Bahwa  Organda dapat menampung dan mengangkat aspirasi para pengusaha angkutan agar didengar pemerintah mulai tingkat daerah, Provinsi, sampai ke Kementerian bahkan ke Presiden RI sebagai masukan agar level ekonomi khususnya bidang angkutan lebih baik lagi.Pungkas Afriady, dengan wajah penuh semangat.

Ditempat terpisah, Sarmadan Siregar Kabid Lalu Lintas dan Angkutan Jalan Disperkimhub Kabupaten Palas, kepada Harian9.com Jumat, (15/05/2020) siang memaparkan "Pemerintah melalui Surat Keputusan Menteri Perhubungan Darat, Pos, Telekomunikasi dan Pariwisata Nomor L.25/1/18/1963 pada tanggal 17 Juni 1963 mengukuhkan ORGANDA sebagai sebagai Organisasi Tunggal dalam bidang Angkutan Bermotor di Jalan Raya. Itu dasar berdiri organda sebagai mitra kita di bidang perhubungan" Papar Sarmadan Siregar Kabid Lalu Lintas dan Angkutan Jalan.

Selanjutnya, diperjelas Kasi Angkutan dan terminal M. Irfan Taguh Kepada Harian9.com "Sudah jelas ada aturannya tertuang di Undang - undang RI Nomor 22 Tahun 2009 tentang LLAJ di BAB XVIII tentang Peran Serta masyarakat dalam penyelenggaraan lalu lintas di pasal 256,257,258." ujar pria berbadan segar dan tegap juga penggiat Fitness ini.

Kami akan terus mensosialisasikan Organda ini kepada para pengusaha dan pemilik angkutan baik itu angkutan orang maupun angkutan barang agar ikut bergabung menjadi anggota, ditutup Afriady ketua DPC. Organda Padang Lawas. 

Sebagaimana informasi yang dapat dihimpun media ini, memang dalam meningkatkan kinerjanya . Kini DPC Organda Palas mulai memperkuat kepengurusannya dengan memasukan beberapa tokoh pengusaha yang berkecimpung dalam moda angkutan dan juga beberapa tokoh lainnya. Bahkan ada beberapa advokat yang juga turut andil untuk memperkuat organisasi angkutan darat ini agar lebih maju dan berkembang sesuai motonya Kerja Nyata Untuk Anggota. (WD41)
Komentar Anda

Berita Terkini