Pemdes Gajah Sakti Bersama Katar Bandar Pulau Asahan Tanam 1200 Pohon Pepaya

HARIAN9 author photo
ASAHAN| H9
Pemerintah Desa Gajah Sakti bekersama dengan Karang Taruna (Katar) Kecamatan Bandar Pulau Lakukan aksi Penanaman bibit Pepaya Madu sebanyak 1.200 pohon di pekarangan rumah warga Desa Gajah Sakti.
Hal ini merupakan aplikasi dari hasil Musrembang yang kami ajukan di Tahun 2019.ungkap Kades Gajah Sakti Burhanuddin Nasution Senin (11/05/2020).

Burhanuddin menjelaskan  Penanaman pohon pepaya madu ini sebelumnya sudah kami laksanakan pada Jumat 08/05/2020,sekitar 750 pohon sisanya 450 bibit lagi akan kami tanam di minggu ini juga, ujar Kepala Desa Gajah Sakti.

Kegiatan ini kami laksanakan dengan memanfaatan pekarangan rumah masyarakat. Penanaman pohon di tiap rumah warga minimal kami tanam 2 pohon, tambahnya.

Tanggapan dari masyarakat sangat antusias bahkan sebagian warga ada yang mau menanam sendiri. Namun kami berupaya penanaman bibit Pepaya Madu ini kami selaku Pemerintahan Desa dan Karang Taruna yang menanamnya.

"Ini kami lakukan untuk memastikan agar penanaman ini berjalan dengan baik. Artinya penanaman ini memang benar tertanam di pekarangan warga. Kedepan kami sudah merencanakan kegiatan ini berlanjut menanam sisanya dan memupuk bibit pohon yang sudah kami tanam. Kami berharap agar masing-masing warga merawat bibit tersebut dengan memagar di sekeliling pohon, agar terhindar dari ganggun hewan peliharaan seperti ayam, bebek, dan lain sebagainya," ucap Burhanuddin.

Di tempat yang sama Ketua Karang Taruna Kecamatan Bandar Pulau Muhammad Budi mengungkapkan agar kegiatan ini dapat diaksanakan oleh desa-desa lainnya terkhusus desa yang ada di Kecamatan Bandar Pulau. Karena bukan hanya dapat dikonsumsi warga, bahkan ada nilai ekonomis jika hasil panennya dapat dijual.

"Kami siap jika ditunjuk sebagai pengepul atau agen dari penjualan buah Pepaya Madu ini di kemudian hari. Pengurus Karang Taruna di Desa ini juga siap jika dipercayakan oleh Pemerintah Desa dan masyarakat," ungkapnya. (WD032)
Komentar Anda

Berita Terkini