Perwira Lulusan Akmil 2000, Bantu Masyarakat Terdampak COVID-19

HARIAN9 author photo
PALAS| H9
Perwira Tentara Nasional Indonesia (TNI)  lulusan Akademi Militer (Akmil) tahun 2000, menyalurkan ribuan bantuan paket sembako kepada masyarakat yang terdampak COVID-19, terutama warga yang kurang mampu.

Perwira Akmil 2000 juga memberikan bantuan masker kepada warga guna mengantisipasi penyebaran virus yang mematikan itu. Aksi bagi paket sembako itu bertujuan untuk meringankan beban ekonomi  masyarakat yang saat ini dilanda wabah  virus corona.

Kegiatan diawali dengan briefing pemberangkatan peserta di Yonbekang-1/1/Kostrad Cibinong. Selanjutnya, para peserta bergerak menyebar ke lokasi-lokasi sasaran yang telah ditentukan di wilayah Jawa Barat, khususnya area di sekitar Bogor dan Cianjur.

Kegiatan tersebut dilaksanakan dengan tetap memperhatikan aturan PSBB yang ditetapkan pemerintah, antara lain wajib menjaga jarak dan memakai masker selama pelaksanaannya.

Perwakilan alumni Akmil 2000, Letkol Inf Honi Havanamengatakan, sebanyak 5.900 paket sembako dibagikan kepada masyarakat yang kurang mampu dan pendistribusiannya secara tersebar. Harapannya, dapat meringankan beban warga  dalam menghadapi dampak penyebaran wabah Covid-19 yang disebabkan oleh virus corona.

“Kami tergugah melihat kesulitan masyarakat yang tengah berjuang untuk tetap dapat memenuhi kebutuhan mereka sekeluarga selama adanya wabah ini. Semoga bantuan ini bermanfaat dan bisa sedikit meringankan beban saudara-saudara kita, apalagi saat ini dalam suasana Ramadhan menjelang Hari Raya Idul Fitri,”ujarnya kepada wartawan.

Kegiatan penyaluran bantuan sosial ini digelar dengan tajuk “Parikesit Akmil 2000 Peduli dan Berbagi Bersama Melawan Covid-19”. Parikesit adalah singkatan dari Perwira Dua Ribu Kesatria Tidar, wadah perkumpulan alumni Akademi Militer lulusan tahun 2000.

Penyaluran bantuan sosial Parikesit di wilayah Bogor diselenggarakan bekerja sama dengan unsur-unsur satuan TNI setempat, antara lain para Babinsa jajaran Kodim 0621/Bogor, anggota Yonbekang-1/1/Kostrad, Regu Pengawal Yon Pomad, dan beberapa anggota Denpom Bogor.

Pada kegiatan tersebut juga turut berpartisipasi para istri perwira alumni Akademi Militer 2000 yang tergabung dalam perkumpulan Parikesit Wife. Mereka ikut turun langsung ke lapangan untuk menyerahkan 100 paket bantuan kepada masyarakat sebagai wujud empati terhadap mereka yang terkena dampak wabah Covid-19.

“Kami ingin berbagi sebagai bentuk kepedulian dan empati kami pada masyarakat. Mereka semua adalah saudara-saudara kami dan kami adalah bagian dari mereka juga”tutur Sri Wahyuni yang merupakan istri dari Letkol Inf Sukur Hermanto.

Warga mengaku senang dan berterimakasih atas perhatian dan pemberian bantuan tersebut. Salah satunya Hanifah (39)warga RT 03/RW 03 Kelurahan Cibinong, Kecamatan Cibinong, Kabupaten Bogor yang turut menerima bantuan itu. 

“Saya merasa senang dan terharu, karena  di saat sedang kesusahan seperti ini masih ada perhatian dari bapak-bapak Perwira TNI kepada kami,”ujarnya.

Setelah selesai membagikan sembako, para peserta melaksanakan evaluasi dan briefing penutupan acara. “Kita berharap kegiatan seperti ini dapat terus dilaksanakan di masa-masa mendatang sesuai dengan kemampuan kita.

"Inilah wujud bakti kita,alumni Akmil 2000 kepada masyarakat, bangsa, dan negara. Kita berdoa semoga wabah Covid-19 ini dapat segera diatasi,”ujar Letkol Czi Rielman Yudha selaku Ketua Panitia pada saat penutupan acara.

Selain kegiatan yang diselenggarakan di wilayah Jawa Barat, alumni Akmil 2000 yang bertugas di seluruh Indonesia juga melaksanakan kegiatan pemberian bantuan paket sembako dan santunan kepada masyarakat di sekitar tempat tugasnya masing-masing.

Pelaksanaannya secara serentak, sebagai bentukkekompakanpara Perwira Kesatria Tidar lulusan Akmil tahun 2000dalam membantu mengatasi kesulitan rakyat di sekelilingnya. (WD41)
Komentar Anda

Berita Terkini