Pers Covid19


LARISPA


Sekcam Palas: Tidak Mentolerir Tindakan Kutipan Pemotongan Bantuan BLT Dana Desa

HARIAN9 author photo
PALAS| H9
Keluarga penerima manfaat dampak Covid -19 melalui bantuan langsung tunai (BLT) dana desa diwilayah Kecamatan Lubuk Barumun telah disalurkan di 13 desa dari jumlah 24 desa yang ada.

Informasi yang dihimpun dari pihak Pemerintah Kecamatan  Lubuk Barumun, warga kurang mampu yang menerima manfaat bantuan BLT dana desa di 24 desa yang sudah tersalurkan di 13 desa dengan jumlah Rp 532.200.000  dengan penerima manfaat 887 KK.

"Kegiatan penyaluran bantuan BLT dana desa mendapat pengawasan ketat dari unsur pemerintah kecamatan dan Kepolisian dan Babinsa," kata Sekcam Lubuk Barumun, RH Adday Robi Harahap. SH, Sabtu  (16/5/2020) melalui telepon selulernya.

Dia menegaskan, jika ditemukan adanya kutipan atau pemotongan bantuan BLT dana desa tahap pertama untuk April ini, akan langsung ditindak dan diberikan sanski tegas sebagai bentuk komitmen pemerintah kecamatan.

Terkait hal tersebut diatas Kata Robi,  sebelum pelaksanaan pencairan, Pemerintah Kecamatan Lubuk Barumun  sudah memberikan warning kepada pemerintah desa untuk tidak melakukan tindakan penyimpangan dalam penyaluran BLT dana desa sebagai ajang untuk kepentingan pribadi atau kelompok .

"Kita tidak mentolerir ,jika ada oknum -oknum yang tidak bertanggungjawab melakukan tindakan pemotongan atau kutipan bantuan BLT dana desa, baik Kepala Desa maupun perangkat desa ," Tegas Sekcam.

Sejauh ini, Ia Katakan, dari hasil pantauan dan pengawasan yang dilakukan disetiap desa yang melaksanakan pencairan bantuan  BLT dana desa, belum ada ditemukan tindakan kutipan atau pemotongan. Tetapi disalurkan sesuai ketentuan sebesar Rp 600 ribu setiap kepala keluarga (KK) penerima manfaat bantuan tersebut. Katanya.

"Jika sekiranya ada masyarakat penerima bantuan yang dipotong atau dikutip, tolong segera sampiakan laporannya kepihak pemerintah kecamatan untuk ditindak lanjuti keproses jalur hukum sebagai saksi yang harus diterima bagi para pelaku yang melakukan pemotongan ," Pungkas  Robi. (WD41) 
Komentar Anda

Berita Terkini