-->

Teror Anjing Gila di Palas, 10 Orang Jadi Korban

HARIAN9 author photo
PALAS| H9
Sebanyak sepuluh orang yang terdiri dari warga Desa Tanjung Botung, Desa Tanjung Durian dan Desa Sayur Matua, Kecamatan Barumun menjadi korban gigitan anjing gila yang berkeliaran dipemukiman penduduk Kecamatan Barumun.

Tidak hanya, warga Tanjung Botung, tetapi warga yang berkunjung rumah keluarga didesa tersebut, juga turut menjadi korban dari wilayah Desa Panyabungan Kecamatan Hutaraja Tinggi serta warga desa Pasar Ujung Batu, Kecamatan Sosa .

Seekor anjing gila yang sedang berkeliaran dan mengamuk di Desa Tanjung Botung dan sekitanya. Akibatnya warga yang melintas pergi kekebun dan pulgng salat  menjadi korban gigitan anjing tersebut 

Berdasarkan laporan dari puskesmas tanjung botung, Kesepuluh korban  tersebut yakni Soleh Hasibuan (58), Nurdin Hasibuan (70), Elvi Syahrida (45), Denisa (14), Pardomuan Pasaribu, (19), Habibi Pasaribu (4), merupakan warga desa Tanjung Batung, dan Siti Gabena (62), warga Desa Tanjung Durian, Rosmida (52),  warga desa Sayur Matua Kecamatan Barumun.

"Sedangkan yang berkunjung kedesa kita ini, atas nama Aswan (52) warga desa Pasar Ujung Batu, kecamatan Sosa, dan Nur Saimah (25) warga Desa Panyabungan, Kecamatan Hutaraja Tinggi, yang turut menjadi korban gigitan anjing gila di tempat terpisah dalam wilayah desa kita.,"terang Kepala Desa Tanjung Botung, Lompo Hasibuan atau lebih dikenal dipanggil Bang Loppo. 

"Sepuluh warga yang menjadi korban gigitan anjing gila datang ke sini.untuk  diberikan perawatan dan suntikan rabies di Puskesmas Tajung Botung " jelas salah seorang tenaga medis di Puskesmas setempat.

Kesepuluh Korban tersebut telah dirujuk dan berobat ke Puskesmas Desa Tanjung Botung. Dan telah kembali pulang ke rumah setelah dilakukan pengobatan.

Dikatakan, para korban.mengalami luka gigitan dan luka cakaran sehingga harus dilarikan ke Puskesmas untuk mendapatkan perawatan intensif agar tidak tertular rabies karena gigitan anjing gila tersebut .

"Seluruh biaya perawatan dan pengobatan warga yang menjadi korban gigitan anjing gila tersebut ke Puskemas Tanjung Botung, ditanggung Kepala Desa ,"ujar Tokoh Masyarakat Desa Tanjung Botung , Syawaluddin Hasibuan

Soleh Hasibuan dan Nur Saimah yang menjadi 2 diantara korban gigitan anjing gila tersebut mengatakan, Kepada Harian9.com mengalami luka di bagian Paha atas kaki kanannya. 

Luka tersebut diakibatkan gigitan dan cakaran anjing. Sementara Nur Saimah mengalami luka gigitan pada siku tangan kirinya dan bagian badan lainnya.

"Kasus gigitan anjing gila yang dialami oleh Soleh Hasibuan pada pukul 08.00 Wib. Ketika itu sebuah anjing dengan kondisi tubuh besar dan berbulu berwarna cokelat kekuningan dan kehitaman cerah. Menerkam dari depan yang membuatnya terjatuh akhirnya ajing gila itu menggigit bagian paha kaki saya," katanya.

Salah satu orangtua korban yang namanya tidak mau disebut mengatakan, peristiwa penyerangan anjing gila itu tidak disangka-sangka. Sebelumnya sang anak sedang bermain bersama teman-temannya namun tiba-tiba anjing itu menyerang secara membabi buta.

"Anjing itu dengan cepat menyerang anak saya hingga dia kena luka gigitan di bagian paha, perut dan punggung belakang kebawah, selang beberapa jam kemudian anjing yang sama menyerang anak-anak lain," tuturnya.

"Ditambahkan nenek si korban gigitan anjing gila tersebut, Dengan adanya hal ini saya takut kluar rumah, bahkan banyak anak-anak yang tidak dipetbolehkan orang tuanya keluar rumah lantaran takut dan kejadian itu terulang. Mereka hanya berharap pemerintah desa kami segera menangkap anjing itu," katanya.

Penyataan senada  Nursaimah ,warga Desa Panyabungan yang berkunjung ketempat orang tuanya juga menjadi korban gigitan anjing gila 

"Saya digigit dan diterkam anjing gila tersebut ,pada saat keluar rumah untuk menuju masjid  melaksanakan shalat tarwih ,"katanya.

Sementara itu, warga desa Tanjung Durian Juhri Siregar mengatakan, kami warga dan desa sekitar sangat takut, karena anjing gila itu belum tahu pasti berapa jumlahnya, yang jelas dan nyata terlihat baru satu ekor. Dan anjing tersebut sudah menggigit sepuluh orang termasuk 1 orang dari desa kita tanjung durian ini.(WD41)
Komentar Anda

Berita Terkini