Tim Pengawasan Lakukan Pengecekan Atas Pengadaan APD Gustu PP Covid-19 Kabupaten Paluta

harian9 author photo

PALUTA| H9
Untuk menghindari adanya kesalahan dan penyimpangan dalam pengelolaan anggaran pada Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 kabupaten Padang Lawas Utara (Paluta), Tim pengawasan dan akuntabilitas melakukan pengechekan langsung pengadaan alat pelindung diri (APD) di posko Gustu PP Covid-19 kabupaten Paluta, Rabu (6/5).

Pemeriksaan dipimpin oleh Koordinator pengawasan dan akuntabilitas yakni kepala Inspektorat Paluta Husni Afghani Hutasuhut bersama Kasat Reskrim Polres Tapsel AKP Ginanjar Fitriadi SH SIK, Kasi Datun pada Kejari Paluta Sahbana P Surbakti SH beserta anggota lainnya. 

Kepala Inspektorat Paluta Husni Afghani Hutasuhut sebagai koordinator pengawasan dan akuntabilitas menyampaikan bahwa pemeriksaan atau pengecekan langsung ini dilakukan untuk memastikan akuntabilitas dan transparansi yang baik terkait pengadaan barang berupa APD oleh Gustu PP Covid-19 kabupaten Paluta.

“Hal ini dilakukan guna mencegah terjadinya korupsi ataupun kesalahan serta memastikan akuntabilitas yang baik pada pengelolaan keuangan dan pengadaan barang/jasa dalam keperluan pencegahan dan penanggulangan Virus Covid-19,” ujarnya.

Katanya, saat melakukan pemeriksaan dan pengecekan, ada ditemukan sejumlah kesalahan seperti kekurangan jumlah item yang dibeli serta kesalahan administrasi atas pengadaan barang/jasa tersebut.

Untuk itu, pihaknya menyarankan agar segera dilengkapi dan atau diperbaiki atas kesalahan yang terjadi agar nanti tidak menyalahi aturan yang berlaku.

Senada, Kasi Datun Sahbana P Surbakti menyebutkan bahwa ada sejumlah hal yang disarankan terhadap Gustu PP Covid-19 kabupaten Paluta untuk segera diperbaiki.

“Ada beberapa hal yang kita sarankan untuk segera diperbaiki dan diluruskan agar tidak menyalahi aturan nantinya,” ujarnya.

Sementara, Kepala BPBD kabupaten Paluta Khairul Harahap menyampaikan bahwa pihaknya sangat bersyukur atas pemeriksaan dan pengecekan langsung yang dilaksanakan ini.

Katanya, pihaknya akan segera melengkapi dan memperbaiki segala hal yang disarankan oleh tim pengawasan dan akuntabilitas tersebut agar pelaksanaan atas pengelolaan anggaran Gustu Covid-19 kabupaten Paluta dapat berjalan sesuai aturan dan akuntabel.

“Segala kesalahan dan saran yang disampaikan akan segera kita lengkapi dan perbaiki agar tidak melanggar aturan yang berlaku,” pungkasnya.

Pantauan, tim pengawasan dan akuntabilitas tersebut melakukan pemeriksaan atas APD terkait jumlah dan standarisasi serta administrasi dalam pembelian dan pengadaannya.(WD-009)

Tim pengawasan dan akuntabilitas tersebut melakukan pemeriksaan atas APD di posko Gustu PP Covid-19 kabupaten Paluta, Rabu (6/5). (Foto: Akhir S Rambe)

Komentar Anda

Berita Terkini