Tingkatkan Kewaspadaan Corona, Warga Desa Ujung Batu I Palas Pasang Portal

HARIAN9 author photo
PALAS| H9
Untuk meningkatkan kewaspadaan terhadap pencegahan penyebaran Covid-19 Pemdes bersama Warga Desa Ujung Batu I, Kecamatan Hutaraja Tinggi, Kabupaten Padang Lawas memasang portal masuk ke Desa tersebut, mulai dikerjakan pemasangannya Jumat (08/05/2020), malam.

Hal itu merupakan upaya meminimalisir penyebaran virus corona. Agar tidak ada yang luput dari, baik untuk pengecekan suhu tubuh, CTPS, Masker juga antisipasi terjadinya tindak pidana kejahatan di wilayah desa tersebut.

Kepala Desa Ujung Batu I Hasan Basri menyebutkan bahwa portal tersebut dibangun untuk mengetahui pengunjung lebih detail serta keamanan yang masuk ke ujung batu I, yang merupakan salah satu pintu gerbang utama masuk ke pemdes se-trans aliaga. 

"Untuk keamanan yang jauh semakin baik dalam upaya mencegah penyebaran virus corona ini, sementara waktu kita tidak mau nantinya terjadi kecolongan atau orang baru masuk ke Desa kita ini,  khususnya mana tau ada orang atau warga yang datang dari daerah terjangkit, untuk itu kita membuat portal di pintu masuk utama ini," katanya.

Dia menyebutkan, Pemasangan Portal Pintu Utama menuju Desa Ujung Batu I yang menghubungkan Desa Ujung Batu II.III.IV dan V sebagai akses Jalan Utama yang di bangun oleh dari dana APBD Kabupaten pada tahun 2019. 

Seiring dengan berdiri Posko Relawan Covid-19 Desa Ujung Batu I, Saya selaku Kepala Desa Ujung Batu I bersama warga jauh sebelumnya sudah memikirkan portal ini untuk mempermanenkan Posko tersebut menjadi Pos Penjagaan Orang Masuk dan sekaligus membuat Portal karena dapat terpantau Orang keluar dan Masuk, baik pengendaraan Mobil Roda empat dan Roda dua. 

"Penjagaan Posko yang selama ini dijaga 24 Jam siang dan malam melalui setiap RT secara bergilir kelihatannya ditanggapi sangat positif bagi Masyarakat Trans aliaga khususnya Desa Ujung Batu I. Sehingga terasa nyaman dilingkungan ke Rt an," tuturnya disela sela pemasangan portal bersama seluruh petugas relawan.

Untuk itu, Pembuatan Portal yang dilaksanakan mulai Malam hari ini (08/05/2020) bertepatan pas dengan shiff jaga dari RT 05 yang langsung dikoordinir yakni saudara Ketua RT Yufianto yang beranggotakan Saudara Rahman, Agus Plenthus, Mulato Ijen, Jawadi, Riyan, Hendry, Sukirman, Riyadi, Tako, Sukimin, Sairun,Yudisrama, dan Saiful Anam. 

Semuanya ini merupakan warga kita yang mempunyai keahlian dibidang pembuatan portal yang baik dan bagus. 

Selain itu, Perlu kami sampaikan di masing masing setiap RT,  dari RT 01 sd RT 14 Desa Ujung Batu I telah mendirikan Pos Kamling dijaga masing masing warga RT setempat.

"Jadi, Jangan di tanya apa yang diberikan desa Untuk kita, Tapi tanyalah diri kita apa yang kita berikan pada Desa". Trima kasih atas Partisipasi Masyarakat Desa Ujung Batu I yang telah membantu Pemerintahan yang saya Pimpin. Kita Ikhlas Bekerja agar hasilnya Positif,"katanya.

Sementara itu, Ketua RT 05 Yufianto sekaligus Koordinir Jaga menambahkan,
dilakukan sebagai percepatan penanganan COVID-19 di tingkat Desa. Terlihat di lokasi sedang pemasangan satu portal pembatas dengan sistem buka tutup bagi warga yang ingin masuk dan keluar.

"Penerapan Penjagaan yang dilakukan masyarakat desa kami dengan pola gotong royong. Untuk masyarakat yang ingin keluar dan masuk pun harus pakai masker. Sebab kita tidak tahu kapan datangnya virus ini, kita wajib waspada dalam situasi apapun, dimana virus ini jelas tidak terlihat," pungkasnya. (WD41)
Komentar Anda

Berita Terkini