Walikota Tebing Tinggi Terima Kunjungan LO Gustu Percepatan Penanganan Covid-19 Pemerintah Pusat

HARIAN9 author photo

TEBING TINGGI | H9
Walikota Tebing Tinggi Ir H Umar Zunaidi Hasibuan MM, di dampingi Dandim 0204/DS Letkol Kav. Syamsul Arifin, Kadis Kominfo Dedi Parulian, Kadis kesehatan dr Nanang Fitra Aulia dan Kepala BPBD Wahid Sitorus menerima kunjungan LO Gustu (Liaison Officer Gugus Tugas) Covid-19 Pusat yakni BPBD Pusat Mayjen Purn Darlan Harahap dan LO Covid-19 Sumut Kolonel Purn Wilson Siregar, selasa (26/5) bertempat di Posko Covid-19 Tebing Tinggi.

Pada kesempatan itu, Walikota Tebing Tinggi Ir H Umar Zunaidi Hasibuan MM selaku Ketua Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Tebing Tinggi melaporkan telah melaksanakan penugasan posko tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 sesuai dengan arahan pemerintah pusat.

"Kita juga memiliki Call Center yang bertujuan agar mempercepat informasi di masyarakat apabila adanya masyarakat yang terkena virus Covid-19,"jelas Umar.

Umar menjelaskan bahwa Pemerintah Kota Tebing Tinggi telah melakukan sosial edukasi kepada masyarakat melalui bimbingan dan penyuluhan tentang Covid-19, dan kita juga sudah melakukan penyemprotan disinfektan di daerah-daerah di Kota Tebing Tinggi diantaranya, sekolah, kantor, jalan raya dan fasilitas umum lainnya yang ada di Kota Tebing Tinggi.

"Kita juga sudah meliburkan sekolah-sekolah yang ada demi memutus mata rantai Covid-19. Pemerintah juga melaksanakan pembagian masker kepada masyarakat umum di bantu dengan TNI & Polri dan instansi terkait," ungkapnya. 

Selanjutnya Umar Zunaidi Hasibuan juga melaporkan bahwa di Tebing Tinggi juga ada yang terkena positif Covid-19 yaitu dari pengusaha maupun dokter dan keduanya telah sembuh. Terhadap pasien PDP negatif covid-19 yang meninggal telah dilakukan pemakaman sesuai protokol covid-19.

"Selain itu, kita sudah membeli tanah khusus untuk pemakaman pasien yang meninggal dunia dalam katagori Covid-19 dan kita juga memiliki 4 Rumah Sakit penanganan covid dan juga Rumah Sakit ini di pantau oleh Pemerintah Pusat, termasuk menyediakan tempat karantina,"jelas walikota Tebing tinggi Ir HUmar Zunaidi Hasibuan MM. 

Perkembangan covid-19 di Kota Tebing Tinggi terjadi yakni jumlah ODP yang mencapai 800 lebih tetapi turun drastis sekarang Jadi 105, PDP Nihil dan Positif Nihil

Satu hari sebelumnya seorang tenaga medis kami terkena Covid-19 karena yang bersangkutan tersebut membantu di RS Simalungun. Kita sudah mentersing perawat di Rumah Sakit Kumpulan Pane, dan akan dilakukan Tes PCR."Kalau ada di antaranya posisitf maka kami akan melakukan Lockdown Rumah sakit tersebut,"tegas Walikota.

Sementara itu, LO Covid-19 BPBD di Pemerintah Pusat Mayjen Purn Darlan Harahap bersama Kol Purn Wilson Siregar LO Covid 19 sumut mengucapkan terimakasih sudah di terima di Kota Tebing Tinggi sekaligus melihat sejauh mana pelaksanaan di setiap wilayah dalam percepatan penangan Covid-19.

"Memang tidak semudah yang diucapkan dalam pelaksanaannya, karena kultur masyarakat ini berbeda.Tapi sebagai pemerintah kita tidak akan pernah bosan. Saya lihat pernah ada pasien positif tetapi sudah sembuh dan langkah-langkah penyekatan itu yang paling utama. Mungkin kita bisa manfaatkan tokoh masyarakat yang berdekat dengan mereka,"ujarnya.

Kunjungan Gugus Tugas Percepatan Penangan Covid-19 Pemerintah Pusat ke Posko Gugus Tugas Percepatan Penangan Covid-19 Kota Tebing Tinggi yang bertujuan untuk melakukan pemantauan sampai sejauh mana pelaksanaan di setiap wilayah dalam percepatan penangan Covid-19.

Kunjungan tersebut dilakukan dengan Pyscal Distancing dan juga telah mentaati protokoler kesehatan dengan memakai masker dan menyediakan alat alat medis di Posko Gugus Tugas Percepatan Penangan Covid-19 Pemerintah Kota Tebing Tinggi.(WD044) 

Komentar Anda

Berita Terkini