1 Orang Warga Perbaungan Positif Covid- 19, Ini Penjelasan Gugus Tugas PP Covid- 19 Kabupaten Sergai

HARIAN9 author photo

SERDANG BEDAGAI | H9
Gugus tugas percepatan penanganan covid- 19 Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai) kembali merilis data kewaspadaan virus corona pertanggal 3 Juni 2020. Berdasarkan data kali ini, ditemukan 1 orang warga terpapar corona virus disease atau covid- 19.

Warga tersebut diketahui seorang pria berinisial B (29) berdomisili di Kecamatan Perbaungan. Dengan bertambahnya 1 orang positif corona ini, total warga Sergai yang positif mereka jadi 5 orang. 

Juru bicara gugus tugas percepatan penanganan covid- 19 Kabupaten Sergai, Drs Akmal AP, M.Si menjelaskan, bahwa B dinyatakan terjangkit Covid-19 sesuai dengan hasil tes Polymerase Chain Reaction (PCR) yang diinformasikan oleh Kepala Dinas Kesehatan, dr. Bulan Simanungkalit, M.Kes.

“B ini menetap dan bekerja di Medan. Dari kronologisnya, pada tanggal 20-21 Mei, korban merasa seperti masuk angin dan demam. Lalu esoknya tanggal 22, karena yang bersangkutan merasa sudah baikan, ia pulang ke kediamannya di Perbaungan," ungkap Akmal. 

Namun lanjut Akmal, tanggal 24 Mei 2020, B kembali mengeluhkan sesak nafas dan memutuskan pergi ke RS Melati Perbaungan. Kemudian, oleh pihak RS Melati, dianjurkan tindakan rontgen, akan tetapi dikarenakan saat itu hari libur Lebaran, korban disarankan datang keesokan harinya untuk memeriksa kan diri sekaligus ikut rapid test. 

"Tanggal 25 Mei 2020, yang bersangkutan menjalani rapid test dan hasilnya reaktif sehingga ditetapkan sebagai ODP,”terangnya.

Akmal melanjutkan, informasi tersebut lalu diteruskan ke Kadis Kesehatan dan kemudian dilakukan pengambilan sampel swab yang dilaksanakan oleh tim dari Puskesmas Melati yang terdiri dari Dokter Analis, Petugas Surveilans Puskesmas serta Bidan Desa.

“Preparat atau sampel swab segera ditransfer ke RSU USU untuk ditindaklanjuti dan korban lalu diarahkan untuk menjalankan isolasi mandiri, hingga akhirnya hari ini rilis hasil tes menyatakan B positif Covid,” ungkapnya.

Selain itu, Akmal menyebut jika Ibu korban berinisial B juga sudah menjalani prosedur PCR test dan hasilnya negatif. Selanjutnya, merespons kejadian ini, Tim Gugus Tugas melalui Dinas Kesehatan melaksanakan serangkaian prosedur preventif sesuai dengan mekanisme yang berlaku untuk memastikan tidak ada penyebaran virus terkhusus di sekitaran kediaman korban B. 

"Saat ini korban dengan inisial B tersebut telah dirawat isolasi di RS GL Tobing Tanjung Morawa Medan," pungkas Akmal.(WPU06). 


Komentar Anda

Berita Terkini