-->

4070 Warga Terdampak Covid-19 Akan Terima BLT Dari APBD Kabupaten Paluta

harian9 author photo
PALUTA| H9
Pemerintah Kabupaten Padang Lawas Utara (Paluta) akan menyalurkan Bantuan Langsung Tunai (BLT) yang bersumber dari Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) bagi warga terdampak Covid-19.

Hal ini disampaikan oleh Kepala Dinas Sosial Kabupaten Paluta Ongku Bangsawan Harahap melalui Kabid Pemberdayaan Sosial dan Penanganan Fakir Miskin Mukhtar Leo Harahap, Selasa (23/6).

“Ada 4070 Kepala keluarga yang terdaftar dan akan menerima BLT dampak Covid-19 yang bersumber dari APBD Paluta,” katanya.

Namun, untuk jadwal penyaluran BLT Covid-19 dari APBD belum ditentukan dan saat ini sedang dalam tahap persiapan administrasi untuk penyaluran dalam waktu secepat mungkin.

Katanya, penerima BLT Covid-19 dari APBD ini merupakan warga yang belum tercover atau tidak ikut terdata sebagai penerima bantuan yang bersumber dari anggaran lainnya.

“Bantuan itu akan diberikan kepada warga terdampak Covid-19 di luar dari yang telah mendapatkan alokasi bantuan dari anggaran yang berbeda seperti BST Kemensos, 
Gubernur, PKH maupun dari Dana Desa dan sumber dana lainnya,” jelasnya.

Leo menambahkan, untuk besaran BLT APBD tersebut terbagi atas dua tahap yakni untuk tahap pertama sebesar Rp600 ribu untuk setiap penerima per bulan pada tiga bulan pertama.

Selanjutnya, bantuan berjumlah Rp300 per bulan pada tiga bulan berikutnya untuk setiap penerima bantuan.

“BLT APBD dijadwalkan selama 6 bulan dengan jumlah sebesar Rp600 perbulan selama tiga bulan pertama dan untuk tiga bulan berikutnya nilainya menjadi Rp300 per bulan untuk setiap penerima,” tukasnya.

Ia berharap bantuan ini dapat meringankan beban seluruh warga yang terdampak Covid-19 di kabupaten Paluta.

Pada kesempatan ini, ia berpesan kepada masyarakat agar bersabar dan tetap mengikuti anjuran pemerintah dengan mematuhi protokol kesehatan agar pandemi Covid-19 ini dapat segera teratasi dan situasi kembali normal.(WD-009)
Komentar Anda

Berita Terkini