-->

AKBP. Roman Swaradhana Elhaj, SIK, MH : Fungsi dan Peranan Pers Dukung Tugas Kepolisian

harian9 author photo
TAPSEL|H9
Kapolres Tapanuli Selatan (Tapsel) AKBP. Roman Swaradhana Elhaj, SIK, MH mengatakan, fungsi dan peranan pers sangat mendukung keberhasilan tugas kepolisian dalam menegakkan supremasi hukum diwilayah hukum Polres Tapsel khususnya dalam menciptakan situasi Keamanan, Ketertiban Masyarakat (Kamtibmas) di wilayah hukum Polres Tapsel meliputi Kabupaten Tapsel dan Kabupaten Padang Lawas Utara (Paluta).

Hal itu didampaikan Kapolres, saat menggelar silaturrahmi antara jajaran Polres Tapsel dengan insan pers dari berbagai media cetak, online dan televisi yang bertugas di wilayah hukum, sekaligus menyambut Hari Bhayangkara ke 74, di rumah makan 'Lopo Gantung', Jalan Sudirman Kota Padangsidimpuan, Rabu (17/06/2020).

Acara silaturrahmi dengan mengikuti prosedur protokol kesehatan pada masa pandemi covid-19, dihadiri Waka Polres Tapsel Kompol H. Hasibuan, SH, Kasat Intelkam AKP. Edi Koswara, SH, Kasat Lantas AKP. Soya Lato Purna, SH, Kasat Bunmas AKP. DMZ. Harahap, SH dan Kasubbag Humasy Polres Tapsel Iptu. Asjul Pane.

Menurut Kapolres, walau dengan berbagai keterbatasan dalam menjalankan tugas dan fungsinya, tidak menjadi alasan bagi setiap personil Polres Tapsel untuk tidak menjalankan tugasnya secara baik dan benar sebagai pelayan, pengayom dan pelindung masyarakat.

" Karena itu, apabila fungsi dan peranan pers dijalankan dengan baik, polisi akan banyak terbantu dalam menhalankan tugas. Makanya informasi dari pers sangat dibutuhkan, " ungkap AKBP. Roman Swaradhana Elhaj, SIK, MH, yang baru sebulan menjabat sebagai Kapolres Tapsel.

Dijelaskannya, pada dasarnya tugas dan fungsi Polri dan wartawan banyak memiliki kesamaan antara lain,
mencari fakta dan kejadian. Hanya bedanya, informasi yang digali wartawan untuk kepentingan publik, sedang informasi yang diperoleh polisi untuk kepentingan penyelidikan.

" Peranan media atau pers sangat strategis untuk dapat membangun informasi yang sehat dan tepat, yang didukung dengan informasi Kamtibmas yang aman dan nyaman, khususnya di masa menyongsong era baru ' new normal' dan yang terpenting, seluruh pemangku kepentingan saling mendorong termasuk insan pers yang memiliki peran penting dan strategis dalam hal menyajikan informasi yang baik dan akurat, " sebutnya.

Mewakili insan pers Drs. RT. Sitompul yang juga anggota Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Tabagsel mengapresiasi silaturrahmi antara Polres Tapsel dan insan pers sehingga hubungan semakin bersinergi fengan memgambil peran mading-masing.

" Hubungan sinergitad antara Polres Tapsel dan insan pers selama ini sudah berjalan cukup baik. Tentunya hubungan ini terus di jaga, sehingga tercipta suasana yang kondusif dalam di wilayah hukum Polres Tapsel ini, " ucap RT. Sitompul. (WD.014) 
Komentar Anda

Berita Terkini