Bhabinkamtibmas Polres Aceh Tamiang Pejuang Penghadang Covid-19

harian9 author photo
ACEH TAMIANG| H9
Presiden Joko Widodo secara resmi menyampaikan Keputusan Presiden nomor 12 tahun 2020 tentang Penetapan Bencana Non alam Penyebaran Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) sebagai bencana nasional pada Senin (13/4/2020).

Sebagai Bhayangkara Pembina Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (BHABINKAMTIBMAS) adalah anggota Kepolisian Negara Republik Indonesia yang bertugas membina keamanan dan ketertiban masyarakat, serta dituntut untuk berperan aktif di Kampung binaanya. Upaya gayung bersambut dan tak henti dilakukan oleh
Polres Aceh Tamiang yang saat ini berada dibawah pimpinan AKBP Ari Lasta Irawan,SIK dalam rangka memberikan rasa nyaman dan aman kepada masyarakat,  untuk memutus mata rantai covid-19 terus dilakukan, dimulai dari penyemprotan Disinfektan Clorin 0,05% menggunakan mobil AWC Dalmas, serta melakukan pembagian masker dan tempat mencuci tangan.

"Kegiatan lain yang dilakukan Bhabinkamtibmas yaitu memberikan himbauan tentang Maklumat Jenderal Pol.Drs Idham Azis,M.Si Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia (Kapolri) terkait Kepatuhan terhadap kebijakan Pemerintah dalam penanganan penyebaran virus Corona (COVID- 19) 

"Lima point Maklumat Kapolri berisikan, agar tidak mengadakan kegiatan sosial kemasyarakatan yang menyebabkan berkumpulnya massa dalam jumlah banyak. Kedua, tetap tenang dan tidak panik serta lebih meningkatkan kewaspadaan dilingkungan masing-masing dengan selalu mengikuti informasi dan himbauan resmi yang dikeluarkan oleh Pemerintah. Ketiga, tetap menjaga jarak dan wajib mengikuti prosedur Pemerintah terkait pencegahan penyebaran Covid-19. Keempat, tidak melakukan pembelian dan atau menimbunan Kebutuhan pokok maupun bahan makanan. Kelima, apabila ada Informasi yang tidak jelas sumbernya, dapat menghubungi kepolisian setempat.

"Bhabinkamtibmas yang berada di Kampung binaanya dan ikut tergabung dalam Relawan Covid, bersama melakukan penyemprotan disinfektan dirumah warga, tempat ibadah serta fasilitas umum lainnya.

"Pada Senin (01/06/2020), sebagai upaya untuk membantu masyarakat kurang mampu dan terkena dampak Covid 19 di wilayah Kecamatan Kota Kualasimpang dilakukan bhakti sosial, pada saat itu Kepala Kepolisian Resor (Kapolres) Aceh Tamiang AKBP Ari Lasta Irawan, SIK, langsung memimpin dan membagi-bagikan sembako  secara simbolis kepada keluarga yang kurang mampu diantaranya Nurbaya (58 tahun) warga Dusun Tanjung, Kampung Bukit Tempurung, Rohana (70 tahun) Dusun Al Iksan Kampung Kota lintang. Adapun jumlah penerima bantuan untuk Kecamatan Kota Kualasimpang berjumlah 12 Keluarga dan mendapatkan Sembako berupa beras 10 Kg, minyak makan, gula dan margarine.

"Sebelum covid-19 terjadi, cukup banyak tugas pembinaan yang dilakukannya di Kampung binaanya, sekarang disaat bencana pun mereka tampil dalam garda terdepan, Bhabinkamtibmas layak menyandang gelar Pejuang Penghadang Covid-19,"ungkap Mukhtar ketua Majelis Duduk Setikar Kampung (MDSK) Bukit Tempurung pada Jum'at (26/06/2020), pendapat tersebut disampaikannya disaat bincang-bincang tentang hari ulang tahun kepolisian. (WD-013).



Komentar Anda

Berita Terkini