Bupati Aceh Tamiang: Pada Pimpinan Dayah Agar Dapat Menerapkan Protokol Kesehatan

harian9 author photo
ACEH TAMIANG| H9
Sehubungan dimulainya proses belajar mengajar, khusus di Dayah dan Pesantren dalam Kabupaten Aceh Tamiang pada era New Normal (tatanan baru), Bupati Aceh Tamiang H.Mursil, SH, M.Kn selaku Ketua Tim Gugus Tugas Covid-19 memimpin rapat terkait pelaksanaan protokol kesehatan,  kegiatan berlangsung di Aula Setdakab pada Jum’at (12/06/2020).

Pada kesempatan tersebut, Bupati menyampaikan,"rapat ini dilaksanakan atas Instruksi Gubernur Aceh melalui surat nomor : 4407/7713 terkait Kerjasama Puskesmas dan Dayah terhadap Protokol Kesehatan di lingkungan Dayah dalam penanggulangan Covid-19,"jelasnya.

“Kepada para Pimpinan Dayah agar dapat  mewajibkan para santrinya untuk menggunakan masker dalam aktivitas sehari-hari. Kemudian sediakan tempat untuk mencuci tangan dengan air yang mengalir, dan lakukan pengecekan suhu tubuh secara berkala kepada para santri, tenaga pendidik serta tamu dan pihak lainnya saat pertama kali memasuki lingkungan Dayah.

"Mari kita laksanakan protokol kesehatan sebagai ikhtiar pencegahan. Para Pimpinan Dayah akan dibantu oleh Kepala Puskesmas setempat. Nanti akan kita sediakan alat pengukur suhu tubuh, dan jika ada Santri yang saat diperiksa bersuhu tubuh diatas 38 derajat, maka sesegera mungkin menelpon petugas kesehatan di Puskesmas terdekat. 

Bupati menambahkan,"diharapkan kepada pimpinan Dayah untuk memperhatikan kebersihan lingkungannya. Diharapkan juga secara berkala dalam durasi per 10 hari melaporkan kondisi suhu tubuh kesehatan santri, tenaga pendidik kepada Tim Gugus Tugas Covid-19 Kabupaten Aceh Tamiang,"tegasnya. 

Hadir dalam rapat tersebut Kepala Dinas Pendidikan Dayah Aceh Tamiang Drs. Tarmihim, Kepala BPBD Aceh Tamiang Syahri, SP, Kepala Dinas Kesehatan Aceh Tamiang, Ibnu Azis, SKM, Kepala Bidang Pencegahan, Kesiapsiagaan dan Pemadam Kebakaran Muhammad Husni, SP, dan segenap unsur dari Dinas Pendidikan Dayah Kabupaten Aceh Tamiang. (WD-013).

Komentar Anda

Berita Terkini