-->

Bupati dan Wakil Bupati Sergai Monitoring Penyaluran BLT Dana Desa dan Bantuan Sosial Lainnya di Kecamatan Perbaungan

HARIAN9 author photo


SERDANG BEDAGAI | H9
Guna untuk memastikan bantuan kepada masyarakat terdampak covid- 19 tepat sasaran, Bupati Serdang Bedagai (Sergai) Ir H Soekirman bersama Wakil Bupati (Wabup) H Darma Wijaya melakukan monitoring dan evaluasi di Kecamatan Perbaungan.

Kehadiran Bupati dan Wakil Bupati ini disambut oleh Camat Perbaungan Drs Benny Saragih bertempat di Wisma Juang Kelurahan Simpang Tiga Pekan Kecamatan Perbaungan, senin (8/6/2020).

Hadir juga pada kesempatan itu, Kapolres Sergai AKBP Robin Panjaitan, Kajari Sergai Paian Tumanggor, SH, Perwakilan Dandim 0204/DS, para Kepala OPD, Lurah Simpang Tiga Pekan Suhendrawan, Kapus Perbaungan dr. Erna Ningsih, Lurah, para Kepala Desa, serta para undangan lainnya.

Camat Perbaungan Drs Benny Saragih MM dalam sambutannya menyampaikan apresiasi dan ucapan selamat datang kepada Bupati, Wabup, dan jajaran serta Forkopimda pada kegiatan kunjungan kerja dan monitoring pembagian BLT Dana Desa dan Bantuan Sosial lainnya di Kecamatan Perbaungan.

Dikatakan Benny Saragih, bahwa bantuan yang telah disalurkan terdapat tiga jenis bantuan terkait Pandemi Covid-19 yang terjadi didaerah kita ini antara lain BLT Dana Desa, BST Kemensos, dan Bantuan dari Pemprovsu.
Untuk BLT Dana Desa, dilaksanakan di 24 desa dengan 2.321 orang penerima dengan jumlah dana Rp. 4.177.800.000,- untuk tiga tahapan. 

Penerima bantuan berdasarkan persyaratan dan evaluasi yang telah ditentukan sebelumnya serta melalui musyawarah desa dari segala unsur masyarakat desa itu sendiri.

"Teknis penyaluran bantuan, ada yang disalurkan langsung ke desa, dan ada juga diserahkan secara simbolis di Kantor Camat untuk kemudian pihak desa yang mendistribusikan bantuan tersebut," ungkapnya.

Lebih lanjut dijelaskan Benny, dalam hal penyaluran BST Kementerian Sosial, juga telah disalurkan. Namun terdapat beberapa kendala dalam penyalurannya antara lain data penerima yang tidak sesuai serta belum update.

"Untuk bantuan Sembako dari Pemprovsu ini, dialokasikan 8.750 paket yang diterima oleh masyarakat se-Kecamatan Perbaungan telah disalurkan, dan data penerima bantuan ini diluar penerima BLT DD dan BST Kementerian Sosial," pungkasnya.

Sementara itu, Bupati Sergai Ir H Soekirman dalam sambutannya juga memberikan apresiasi atas pelaksanaan kegiatan hari ini. Dikatakan Soekirman, bahwa kehadirannya bersama Forkompimda ini terkait dengan pelaksanaan kegiatan yang berkaitan dengan pemerintahan, pembangunan dan kemasyarakatan secara khusus yaitu pelaksanaan bantuan sosial dalam masa Pandemi Covid-19.

Lebih lanjut disampaikan Bupati, bahwa permasalahan dilapangan yang sering terjadi terkait bantuan ini adalah masalah data. Apalagi, data warga Terdampak Covid-19 ini adalah masalah yang baru, dan hal ini memang adalah hal yang tidak terhindarkan bahwa semakin banyak warga yang mengalami kesulitan ekonomi sehingga dianggap pantas juga untuk mendapatkan bantuan sebagai masyarakat terdampak pandemi Covid-19.

"Kami minta, agar semua desa tidak panik karena semua data yang dibutuhkan ada di Desa itu sendiri. Kerja kita untuk masyarakat harus diutamakan. Diminta kepada Kecamatan agar terus memperbaharui data-data yang ada dengan berkoordinasi dengan OPD terkait guna menjawab permasalahan-permasalahan yang ada dimasyarakat,"ungkap Bupati Soekirman.

Dikesempatan itu, Bupati juga mengajak masyarakat untuk berbudi daya produktif agar dapat bertahan menghadapi pandemi Covid-19 ini, sebab bagaimanapun "tangan diatas" lebih baik daripada "tangan dibawah".

"Jaga kondusifitas daerah yang baik, terapkan netralitas bagi aparatur negara dengan sebaik-baiknya, agar nanti daerah kita ini menjadi daerah yang Baldatun Thoyyibatun Warobbun Ghofur," ajak Bupati.

Sedangkan Wabup H. Darma Wijaya dalam sambutannya mengatakan, bahwa saat ini warga yang terdampak pandemi Covid-19 terus meningkat, bukan hanya orang dibawah garis kemiskinan. Untuk itu diharapkan kepada seluruh unsur mulai dari desa hingga kecamatan untuk terus mengupdate jumlah warga terdampak pandemi Covid-19 tersebut guna dibahas rencana tindak lanjutnya.(WD023)

Komentar Anda

Berita Terkini