Dana BST Cair, Warga Membludak di Kantor Pos Tanjung Sari Medan

harian9 author photo
MEDAN| H9
Warga Selayang membludak menunggu antrian di halaman Kantor Pos jalan setia Budi Kelurahan PB Selayang Kecamatan Medan Tuntungan untuk menerima Bantuan Sosial Tunai (BST) yang dikhususkan untuk keluarga terdampak penyebaran Covid -19.

Tapi sangat disayangkan, cara penyaluran yang dilakukan tidak mempertimbangkan protokol kesehatan pencegahan penyebaran virus corona, Kamis (11/6/2020).

Pantauan wartawan, warga terlihat mengantri di depan pintu masuk dengan membawa sejumlah persyaratan tanpa jaga jarak.

Mirisnya, masih ada warga sedang menunggu di luar tanpa gunakan masker dan pihak kecamatan dan porsenil polisi tidak terlihat sama sekali untuk mengatur warga melaksanakan jaga jarak di luar kantor pos. 

Padahal pandemi Covid-19 hingga saat ini masih mengancam Kota Medan. Riki Handoko (39) salah seorang warga Kelurahan Padang Bulan Selayang II, Kecamatan Medan Selayang
"Sebenarnya dari semalam saya sudah mengantri. Tapi itulah bang, banyak kali yang mengantri, jadi hari ini saya ambil. Mau tidak mau harus mengantri dari jam 8 pagi tadi sampai pukul 11.00 wib baru dipanggil pegawai kantor pos untuk mengambil BST." kata Riki didampingi adiknya kepada wartawan saat diwawancarai usai mengambil bansos.

Ia mengaku awal mengantri, dirinya dengan warga lain saling berdesakan untuk mendapatkan barisan depan. "Ngantrinya juga kadang saling berdesesakan. Syarat mengambil BST ini membawa KK dan KTP yang asli," sebutnya.

Warga lainnya yang namanya tidak mau disebutkan mengatakan dirinya sedang menunggu keluarganya ikut mengantri. "Pengambilan BST ini tahap kedua. Informasi yang saya tau, warga yang sedang mengantri ini dari Kelurahan Padang Bulan Selayang I dan II. Besok juga informasi jadwal yang mengambil BST ini dari Kelurahan Beringin," ujar pria paroh baya ini.

Sementara, Kepala Cabang Kantor Pos Tanjungsari Aswin Harahap mengatakan sebanyak 1.167 Keluarga Penerima Manfaat (KPM) untuk mengambil BST tahap I dan II. Ribuan keluarga yang menerima BST ini terbagi dua kelurahan yaitu Kelurahan Padang Bulan Selayang I dan II.

Jadwal pengambilan BST untuk dua kelurahan ini dilakukan selama dua hari yakni tanggal 10-11 Juni 2020. "Besok kita belum tau apakah masih ada pengambilan BST di sini untuk warga dari kelurahan lain, karena belum ada arahan dari Kantor Pos pusat," ungkapnya.

Disinggung tidak adanya warga melakukan physical distancing saat mengantri di depan kantor yang dipimpinnya, Aswin berkilah pihaknya sudah mengimbau agar melakukan physical distancing. "Ada dua petugas kami di depan pintu untuk mengimbau warga agar physical distancing, tapi itulah tetap saja tidak melakukannya," sebutnya.

Bagi warga yang mengantri dengan berdiri, pihaknya tidak tau ikut mengantri untuk menerima atau menunggu keluarganya yang sedang mengantri. Sebab, warga yang mengantri untuk mengambil BST dipersilakan duduk di kursi yang telah disiapkan.

Disinggung lagi tidak adanya pihak kecamatan dan kepolisian untuk mengawasi warga melakukan physical distancing, Aswin mengaku sebelumnya sudah melakukan koordinasi dengan pihak kecamatan dan kepolisian, namun faktanya tidak ada yang merespon.

Pantauan wartawan hingga berita ini diterbitkan, warga masih mengantri di depan Kantor Pos untuk mengambil BST dari Kementerian Sosial RI. (WM021)
Komentar Anda

Berita Terkini