-->

Desa Ujung Batu I, Palas Salurkan Dana BLT-DD Tahap II

harian9 author photo
PALAS| H9
Pemerintah melalui Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (PDTT) sudah menggelontorkan Dana Desa (DD) untuk kepentingan masyarakat di Desa dari mulai kebutuhan infrastruktur, pemberdayaan dan yang lainnya.

Berkaitan dengan Pandemi Wabah Covid-19 yang sedang mewabah bangsa ini, Kemendes PDTT telah melakukan perubahan Peraturan Menteri Desa PDTT Nomor 11 Tahun 2019 tentang Prioritas Penggunaan DD Tahun 2020 menjadi  Peraturan Menteri Desa PDTT Nomor 6 tahun 2020, hal tersebut diungkapkan Kepala Desa Ujung Batu I, Hasan Basri, disela kegiatannya saat  awak media ini mewawancarainya terkait pembagian Bantuan Langsung Tunai (BLT-DD) Tahap II di wilayahnya, Rabu (17/06/2020).

Dikatakan Hasan, untuk di Desa Ujung Batu I hari ini disalurkan BLT-DD Tahap II kepada masyarakat. Untuk Desa harus menunggu pencairana DD tahap II, karena sebelumnya pihak pemdes terlebih dahulu harus mengajukan pencairan anggaran DD tahap ke II karena untuk DD di tahap I telah tersalurkan sesuai ajuan pencairan, aturan dari kemendes.

“BLT Dana Desa Tahap I telah terserap sesuai ajuan dan telah di siap disalurkan. Adapun untuk pencairan BLT- DD kami Salurkan di tahap dua dan Alhamdulillah telah cair, berjalan dengan baik,” ungkapnya.

Untuk Desa Ujung Batu I, Kecamatan Hutaraja Tinggi, Kabupaten Padang Lawas, Provinsi Sumatera Utara, ada 92 orang penerima BLT-DD dan itu telah sesuai, data di dapat dari hasil verifikasi tim relawan Covid-19 setelah sebelumnya di lakukan rapat musawarah desa yang melibatkan unsur pemdes, BPD, LPM, Karangtaruna, Para ketua RT,” tuturnya.

Selain bantuan dari BLT-DD, sebagian masyarakat telah menerima bantuan mulai dari PKH, BPNT, Bansos Kemensos, Banprop dan bantuan lainnya. Kemarin Selasa tgl 16 Juni 2020 saudara kita yang berjumlah 12 orang menerima Bantuan Sosial Tunai ( BST ) di Kantor Pos Sosa Dana dari Kemensos Pusat. Untuk hari ini Bapak/Ibu yang sebanyak 92 orang Penerima BLT DD di berikan Rp.600 ribu untuk Tahap II bulan Mei. Sebut Kades.

“Untuk masyarakat di Desa kami yang mendapatkan bantuan Insya Allah telah sesuai dengan  peraturan perundang-undangan yang ada. Semua hasil dari kerja keras bersama dari mulai Pemdes, BPD, LPM, Karang Taruna, Ormas dan Tim Relawan Covid yang telah bekerja secara sukarela sehingga data yang kami ajukan telah sesuai dari hasil veripikasi tim Covid,” tegasnya.

Di tempat yang sama, "Bati (52) seorang warga dari RT 05 bersana Ramijan (48) setelah siap menerima BLT-DD saat di wawancarai awak media ini keduanya mengatakan, Atas nama masyarakat Desa Ujung Batu I, Kecamatan Hutaraja Tinggi Kabupaten Palas mengucapkan  terimakasih kepada pemerintah Desa, pemerintah Kabupaten Palas hingga  pemerintah Pusat yang telah memperdulikan rakyat dengan di berikan BLT -DD  dan bantuan yang lainya kepada warga miskin, kurang mampu, warga terdampak covid dan disabilitas". Tutur kedua Pria paruh baya tersebut.

Pantauan awak media ini, Desa Ujung Batu I mengalokasikan BLT-DD  Tahap II ini dengan tetap mengikuti protocol Kesehatan covid-19 seperti memakai masker, Cuci Tangan Pakai Sabun ( CTPS ) dan phyisical distanching.

Acara tersebut di hadiri  Camat Huragi Sudaryono S.sos., didampingi Stafnya Abdi Susilo. Muhammad Sa'ad Nasution.  Dan Nurhadi., BPD. H.Ir.Aswin Fazri Harahap., Babhinkamtibmas Bripka Abdi Siregar SH., Babhinsa Sertu Doni Dwiyanto., Karangtaruna dan perwakilan Ormas. Selama kegiatan berjalan dengan Aman, Tertib dan Kondusif.(WD41)
Komentar Anda

Berita Terkini