-->

DISPERKIMHUB Palas Akan Tutup Akses Bongkar Muat Barang di Jam Sibuk

harian9 author photo
PALAS| H9
Kemacatan Lalu lintas di Pasar Sibuhuan Kecamatan. Barumun yang merupakan Ibu Kota Kabupaten Padang Lawas (Palas) Provinsi. Sumatera Utara masih sering terjadi, utamanya di jam - jam tertentu.

Pasar Sibuhuan selain merupakan Ibu Kota Kabupaten Padang Lawas juga merupakan pusat perputaran Ekonomi Perdagangan masyarakat seperti pertokoan, pasar tumpah serta Ekonomi Transportasi. Hal ini terjadi antara jam 08.00 Wib s/d Jam 17.00 Wib.

Dari Pengamatan, pemantauan dan keluhan dari pengguna jalan (masyarakat) bahwa aktifitas Bongkar Muat Barang dengan Kendaraan Bermotor di wilayah Pasar Sibuhuan mengakibatkan kemacatan.

Ditempat yang sama terlihat juga Kapos Polantas Bripka Zulham dan Koordinator Lapangan Lalin Disperkimhub bersama petugas lainnya sedang sibuk mengatur lalu lintas. Agar tidak terjadi macet yang berarti.

Bahkan, sekelas truk roda 10 juga melakukan Bongkar Muat di Pasar Sibuhuan yang jalannya tergolong sempit. Alhasil kendaraan harus antri di belakang truk sampai bongkar muat selesai.

"Antisipasi terus kami lakukan, mulai dari penataan parkir kendaraan sampai penambahan Petugas Lalu Lintas. Demikian diKatakan Plt. Kadis Perkimhub Ir. Abdullah melalui Kabid LLAJ Sarmadan Siregar. Jumat. (05/06/2020).

Kepala Bidang Lalu Lintas angkutan jalan mengatakan "Kami terus  menghimbau dan menegur Pengguna jalan dan Pengguna Angkutan agar sadar Pentingnya kenyamanan Lalu Lintas" Tutur Sarmadan Siregar diruangannya.

Selain itu, Dinas Perkimhub sudah menghimbau Kepada Semua Pemilik Toko dan Pengusaha Angkutan agar tidak melakukan Bongkar muat Barang di Jam Sibuk melalui Surat Nomor:551.2/355/DISPERKIMHUB/2020 tertanggal 20 April 2020.

Dalam Surat Himbauan tersebut tertuang waktu yang di Perbolehkan untuk Bongkar Muat Barang adalah jam 19.00 Wib s/d Jam 03.00 Wib. Ungkap Sarmadan.

Salah satu Petugas Parkir Di Pasar Sibuhuan biasa panggilan Olil Hasibuan mengatakan "Kami sudah menata parkir dengan baik sesuai arahan Bidang LLAJ Disperkimhub agar lalu lintas lancar.

Selanjutnya petugas dari Disperkimhub Palas, Darman, bersama M. Yunus, Hamdani dan Henri mengatakan Kegiatan Bongkar Muat Barang didepan Toko dan Pasar Tumpah melapisi Parkir kendaraan bahkan ukuran truk yang besar sampai ke markah pembatas tengah jalan. Seraya dianggukkan kepala oleh Hamdayani dan Batara Aswan bersama yang lainnya.

Sementara Kasi Angkutan dan Terminal M. Irfan Taguh menambahkan,"Sudah sebulan kita menyurati Pemilik Toko dan Pengusaha Angkutan dan kemaren tanggal 3 Juni kita sudah menyurati Dinas Perhubungan Provinsi Sumatera Utara Nomor:551.2/477/DISPERKIMHUB/2020 untuk Pemasangan Rambu Larangan dan menutup Akses Masuk Bongkar Muat" ujar Irfan.

Disamping itu, demi keselamatan kita bersama, baiknya Kita tunggu Jawaban dari Provinsi sebab Jalan di Pasar Sibuhuan adalah Jalan Provinsi. Dan kita harus kerja sesuai dengan SOP, agar tidak terjadi hal hal yang tidak diinginkan, Pungkas Irfan. (WD41)
Komentar Anda

Berita Terkini