-->

Dosen FAI UMSU Gelar PKPM Di PRM Bandar Pulau Pekan Asahan

harian9 author photo
Tim PKPM UMSU foto bersama Pimpinan Ranting Pemuda Muhammadiyah Bandar Pulau Pekan

KISARAN|H9
Dosen Fakultas Agama Islam (FAI) Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU), Nurman Ginting, M.Pd.I  Dan Riyan Pradesyah. M.E.I., mengadakan Program Kemitraan Pengembangan Muhammadiyah dengan tema “Memperkuat Nalar Teologis Moderat Dalam Menyikapi Pandemik Covid-19" di Pimpinan Ranting Pemuda Muhammadiyah Bandar Pulau Pekan”.

Pelatihan ini diadakan pada hari Minggu, tanggal 07 Juni 2020 bertempat di Aula Kantor Kepala Desa Bandar Pulau Pekan. Acara tersebut dibuka oleh Amri Simanjuntak, selaku Ketua Pimpinan Ranting Pemuda Muhammadiyah Bandar Pulau Pekan beliau sangat mengapresiasi kegiatan tersebut.

Beliau menyatakan “Perlunya pemahaman para pemuda, terkait dengan covid 19 yang kini telah mewabah di negara Indonesia. Dimana pemuda merupakan garda terdepan, dalam memutus rantai covid 19”. Adanya pelatihan ini, beliau juga mengharapkan para pemuda mampu menjadi contoh masyarakat, dalam upaya melakukan hidup sehat.

Pemuda sebagai generasi terdepan dalam memperkuat nalar teologis, tentulah harus memahami kondisi yang terjadi saat ini, dimana wabah covid 19 merupakan suatu bentuk ancaman bagi negara.

Dalam pelatihan tersebut, Nurman Ginting, M.Pd.I juga menjelaskan, bahwa “ Pemuda juga perlu pemahaman dengan pendekataan sudut pandang keagamaan dalam menyikapi wabah covid 19, diantara pendekatan sudut pandangan keagamaan dalam hal ini adalah memperkuat nalar teologis yang bersumber dari alquran dan hadist.”

Pada pelatihan ini, pemateri juga menguraikan wabah-wabah yang terjadi pada zaman nabi dahulu kala, dimana adanya suatu wabah yang menyerang suatu kaum, sehingga orang-orang harus berada di dalam rumah saja. Di dalam uraian materi yang disampaikan, pemateri juga melakukan pendekataan ke agamaan, dengan cara mengurai protokol kesehatan yang di lakukan pemerintah, merupakan suatu bagian dari nalar teologi Islam.(WD032) 
Komentar Anda

Berita Terkini