-->

Faktor Kesehatan, Japorman Saragih Undur Diri Dari Jabatan Ketua DPD PDI Perjuangan Sumut

harian9 author photo
MEDAN| H9
Terhitung sejak Januari 2020, Japorman Saragih telah mengajukan surat pengunduran diri dari jabatan Ketua DPD PDI Perjuangan Sumut, baru pada  akhir Juni ini Dewan Pimpinan Pusat (DPP) PDI Perjuangan mengabulkan surat pengunduran diri Japorman Saragih dari Ketua DPD PDI Perjuangan Sumut. 

Hal itu dikatakan Japorman Saragih dalam rapat harian di Kantor DPD PDI Perjuangan Sumut, Jalan Jamin Ginting Medan, Kamis (25/6/2020).

"Melalui rapat DPD ini saya menyampaikan rasa syukur bahwa akhirnya DPP Partai mengabulkan permohonan pengunduran diri saya sebagai Ketua DPD PDI Perjuangan Sumut, terhitung sejak akhir Juni 2020 ini saya tidak lagi bertindak sebagai Ketua DPD," ujar Japorman. 

Kabar diterimanya pengunduran diri tersebut disampaikan langsung oleh Sekjen DPP Partai Hasto Kristianto kepada Japorman melalui jaringan telepon, Selasa (23/6/2020).

Dalam kesempatan rapat harian partai, Japorman menyampaikan bahwa pengunduran dirinya tersebut disebabkan faktor ingin lebih dekat bersama keluarga, kesehatan dan ingin fokus mengurusi usaha

"Kalau saya tidak mengundurkan diri tidak ada kesempatan saya untuk bisa berlama-lama bersama keluarga yang selama ini sering saya tinggal untuk urusan politk, faktor kesehatan juga menjadi alasan saya mundur dari jabatan partai dan agar juga bisa fokus mengurusi usaha saya yang lama terbengkalai, karena itulah saya bermohon kepada Ibu Ketua Umum agar menerima pengunduran diri saya," imbuh Japorman.

Lambatnya respon DPP terhadap permohonan pengunduran diri Japorman Saragih disebabkan bahwa PDI Perjuangan khususnya Sumut masih sangat membutuhkan tenaga dan buah pikirannya.

Selain itu juga keberatan DPP atas pengunduran diri Japorman Saragih tersebut lebih dikarenakan selama masa kepemimpinan Japorman Saragih, PDI Perjuangan terus mengalami kemajuan dan trend positif, mulai dari perbaikan sistem manajemen kepartaian, hingga perolehan suara pada pemilu dan Pilkada yang terus naik secara signifikan.

Seperti diketahui, PDI Perjuangan di bawah kepemimpinan Japorman Saragih cukup banyak prestasi, diantaranya adalah memenangkan berbagai Pilkada di Sumut, menang Pemilu legislatif dan Pilpres 2019, berhasil mengkonsolidasikan kekuatan partai menjadi satu kekuatan yang besar dan telah membangun kantor partai yang cukup megah menjadi Kantor DPD PDI Perjuangan Sumut di Jalan Jamin Ginting Medan.

Selanjutnya, Japorman menyampaikan bahwa DPP partai telah menunjuk Pelaksana Tugas (Plt) Ketua DPD PDI Perjuangan Sumut kepada salah satu Ketua DPP yaitu Djarot Syaiful Hidayat. "DPP sudah menunjuk Djarot Syaiful Hidayat sebagai Plt Ketua DPD PDI Perjuangan Sumut, dan semoga pak Djarot nantinya bisa lebih memajukan PDI Perjuangan di Sumut ke depan," ucap Japorman.

Japorman menepis anggapan bahwa status tersangka yang disandangnya dari KPK menjadi penyebab utama. "Kalau itu gak ada hubungan, dari Januari sudah mengajukan (pengunduran diri). Proses hukum di KPK kan masih baru," tuturnya.

Untuk diketahui Japorman Saragih menjadi satu dari 14 tersangka baru yang diumumkan KPK dalam kasus suap dari mantan Gubernur Sumut, Gatot Pujo Nugroho. (WM021)

Komentar Anda

Berita Terkini