Hadapi New Normal, PKB Minta Pemkab Tapsel Siapkan Anggaran Untuk Pesantren

harian9 author photo
TAPSEL|H9
Memasuki tahap new normal Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Kabupaten Tapanuli Selatan (Tapsel) berharap kiranya Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tapsel dapat memberikan perhatian khusus dan menyiapkan anggaran kesehatan dan peralatan medis guna mendukung protokol kesehatan kepada masing-masing Pondok Pesantren yang ada di Kabupaten Tapsel.

Hal itu disampaikan Ketua DPC PKB Tapsel H. Mahmuddin Nasution, SH didampingi Bendahara DPC PKB Tapsel Ipong Dalimunthe di Sekretariat DPC PKB Tapsel, Jalan Lintas Sumatera, Kecamatan Sayur Matinggi Kabupaten Tapsel, Sabtu (7/06/2020)

“ Di saat penerapan new normal, jangan sampai pesantren menjadi cluter baru penyebaran covid-19. Pasalnya, sejumlah pesantren yang ada di Tapsel belum memiliki sarana kesehatan dan peralatan medis yang mendukung protokol kesahatan. Ini haris menjadi perhatian pemerintah, “ ujar H. Mahmuddin Nasution, SH.

Menurutnya, di era new normal nanti, Pemkab Tapsel wajib memfasilitasi Pondok Pesantren. Sebab tak dapat dipungkiri, infrastruktur, sarana prasarana dan tenaga medis di Pesantren masih sangat minim. Bahkan, banyak Pondok Pesantren yang tidak memiliki Poskestren serta tidak menjalankan protokol kesehatan karena ketiadaan anggaran.

“ Sektor kesehatan di Pondok Pesantren harus menjadi perhatian khusus bagi pemerintah, apalagi saat menjalani new normal, yang mana masyarakat tidak terkecuali para santri dalam menjalani aktivitas harus mematuhi protocol kesehatan. Tentunya ini harus di wanti-wanti, “ tegasnya.

Senada dengan Mahmuddin, Anggota DPRD Tapsel dari PKB, Ipong Dalimunthe,SE yang juga Bendahara DPC PKB Tapsel menyatakan Pemkab Tapsel harus mengalokasikan anggaran penanganan Covid-19 untuk pesantren. Karena kegiatan belajar mengajar di pesantren bersifat komunal.

“ Banyak kegiatan di pesantren yang dilakukan secara bersama, ada Muhadhoroh, Muzakaroh dan Muhadasah. Selain itu, santri juga tinggal secara bersama di asrama, sholat berjamaah di masjid dan hapalan mufrodat secara bersama. Tentu semua itu akan memudahkan penyebaran wabah covid-19 ini”, ungkap Ipong, sembari mengatakan Pemkab Tapsel dan pesantren harus bersinergi dalam menerapkan langkah-langkah dalam menghadapi era new normal.

Ipong juga menjelaskan, selama pandemic covid-19, DPC PKB Tapsel juga telah melakukan langkah-langkah antisipasi terhadap penyebaran covid-19 di tengah masyarakat, serta melakukan berbagai kegiatan social di masa pandemic covid-19 diantaranya dengan membagikan masker sebayak 3 ribu buah dan baju 300 potong, serta membagikan ribuan paket sembako kepada masyarakat Tapsel melalui PKB Peduli.

“ Sebagai partai religius, kami tidak ingin penderitaan masyarakat di tengah pandemic covid-19 berkepanjangan. Selagi PKB bisa membantu, kami akan berupaya agar covid-19 tidak semakin menyebar dan masyarakat yang terdampak pandemic covid-19 bisa terbantu di sisi ekonominya, “ terang Ipong.

Terpisah, Ketua Badan Silaturrahim Pondok Pesantren (BSPP), Kyai Maksan H. Dalimunthe saat dihubungi via seluler mengatakan, saat ini pihaknya sudah menerima Surat dari Kementerian Agama RI terkait langkah-langkah pesantren menghadapi new normal.

Menurut Katib NU Tapsel ini, ada delapan regulasi yang akan diterapkan, termasuk mempersiapkan metode pembelajaran, sarana prasarana kesehatan, menyediakan kebutuhan protokol kesehatan dan melakukan peningkatan gizi, khususnya vitamin C,E dan Madu untuk menjaga imunitas santri dan guru.

“ Selama ini, Pemkab Tapsel sudah memberikan perhatian yang cukup untuk kelangsungan pesantren. Namun, di saat new normal nanti, Pemkab diminta memberikan bantuan untuk memenuhi langkah-langkah new normal dengan memfasilitasi tes kesehatan bagi santri dan ustadz yang kembali ke pondok,  memberikan bantuan gizi bagi santri dan tenaga pendidik serta membantu pesantren untuk menyiapkan sarana prasarana kesehatan, ”, ungkap Kyai Maksan seraya mengatakan bahwa di Tapsel ada 24 Pondok Pesantren yang tergabung di BSPP Tapsel. (WD.014)
Komentar Anda

Berita Terkini