Harga Daging Ayam di Medan Mulai Turun

harian9 author photo
ist
MEDAN| H9
Di pekan ini, harga daging ayam mulai mengalami penurunan. Di pekan lalu harga daging ayam sempat menyentuh 45 ribu, saat ini harganya  berangsur turun dikisaran 35 ribuan per Kg. Kinerja harga daging ayam yang turun ini sesuai dengan ekspektasi kita sebelumnya. Seiring dengan mulai melimpahnya pasokan daging ayam di pasaran.

Ketua Pemantau Pangan Sumut, Gunawan Benjamin mengatakan peternak yang pada awalnya mengalami kerugian setelah harga daging ayam sempat terpuruk ke 12 ribuan. Sempat membuat peternak menutup sementara usahanya. Namun disaat kenaikan harga daging ayam mulai terjadi, sisi persediaan mulai mengalami peningkatan.

Dan menurut perhitungan, pekan depan atau dua pekan kedepan harga daging ayam bisa di giring kembali normal dikisaran 25 hingga 28 ribuan per Kg. Tren penurunan harga daging ayam ini kita harapkan terus akan berlanjut. Hingga mencapai titik harga yang ideal sesuai dengan harga keekonomiannya.

"Saya menilai tidak mudah memang bagi peternak untuk kembali memaksimalkan isi kandangnya. Saya memperhitungkan daya beli yang belakangan bermasalah, akan membuat peternak ayam berhati-hati dalam membuat perhitungan jumlah ayam peternaknya. Nah disisi tersebut saya menilai titik keseimbangan harga daging ayam ini nantinya bisa tidak sesuai harapan," katanya, Kamis (18/6/2020).

Bisa lebih buruk dari harga idealnya, bisa juga bertahan mahal dalam periode waktu tertentu. Selain itu, harga ikan laut juga mempengaruhi harga daging ayam. Semakin mahal harga ikan laut, biasanya harga daging ayam juga berpeluang mengalami kenaikan. Semakin murah harganya akan menggiring penurunan harga daging ayam juga.

Dari sisi harga vaksin, pakan maupun obat-obatan. Biasanya kerap dipengaruhi oleh pergerakan mata uang Rupiah terhadap US Dolar. Dan sejauh ini Rupiah terhadap US Dolar mengalami penguatan. 

"Kita harapkan akan menjadi katalis positif bagi kemungkinan harga yang terjangkau oleh peternak,: tutupnya. (PP-04)

Komentar Anda

Berita Terkini