Jalinsum Palas Rusak Parah Penuh Lobang, Siap Menanti Korban

harian9 author photo
PALAS| H9
Kondisi ruas jalan lintas sumatera (Jalimsum) yang menghubungkan Gunung tua Kabupaten Padang lawas utara (Palas) Peovinsi Sumatera  Utara (Sumut) dari Pasar Sibuhuan menuju Kabupaten Rokan Hulu (Rohul) Provinsi Riau (Palas) rusak parah dan penuh lobang siap menanti korban.

Dari pantauan Harian9.com, Rabu (24/06/2020) hampir terdapat lubang lubang bak kubangan kerbau di sebagian besar diruas jalan ini, Namun yang paling parah terdapat dibeberapa titik seperti, di Desa Panyabungan, di Desa Mananti terdapat dua titik, di Desa Aliaga ada lima titik.

Dan satu titik di Desa Pagaran Dolok, di Desa Permainan dua titik, sedangkan di Desa Lubuk Bunut terdapat empat titik. Yang sangat parah serta kesemuanya yang disebutkan diatas.

Begitu juga halnya dengan yang terlihat kondisi Jalinsum wilayah Kecamatan Barumun, Ulu Barumun, Lubuk Barumun, Barumun Tengah, Sosa, hingga wilayah Kecamatan Sosopan.

Sehingga, Dengan kondisi rusak penuh lobang di ruas jalan itu bisa mengancam keselamatan jiwa pengendara yang melintas, terutama saat hujan deras dimalam hari.

Selain itu, warga masyarakat sekitar juga mulai mengeluh kerena menimbulkan debu terlebih jika di musim kemarau.

Burhan Hasibuan(45), salah seorang warga Kecamatan Hutaraja Tinggi yang setiap harinya melewati akses jalan ini mengaku, kondisi jalan seperti ini sudah lama rusak dan banyak lubang lubang yang menganga di badan jalan sedalam rata rata 30 Cm.

"Apalagi pada malam hari terutama saat musim hujan disertai angin kencang, lubang lubang ini gak kelihatan. Saya aja pernah terjatuh didalam lubang itu, walaupun tiap hari saya lewati karena gak tau lubangnya sudah berisi air dijalan ini"kata Burhan.

Burhan juga menuturkan, jangan kita yang ada diwilayah lokasi jalab lintas yang mengkhawatirkan dan sangat memprihatinkan ini, warga sekitar luar desa dan pwngguna jalan lainnya juga mulai resah dengan kondisi ruas jalan yang rusak parah ini.

Selain was-was jikalau ada pengendara naas terperosok, juga terganggu dengan debu terutama saat cuaca panas. Karena yang namanya kita lagi dalam perjalanan kita tidak tahu kapan bahaya itu datangnya. Tuturnya.

"Saya berharap Bapak Gubsu melalui dinasnya yang berwenang untuk  mengatensi kondisi jalan ini dan segera dilakukan perbaikan. Dimana pernah saya dengar bapak Gubsu berkata' Sumut bermartabat"ungkap burhan sembari menaiki sepeda motornya untuk betangkat kerja. (WD41)
Komentar Anda

Berita Terkini