-->

Kejari Paluta Tindaklanjuti Laporan Dugaan Penyelewengan ADD Dan DD Aek Haruaya

harian9 author photo
PALUTA| H9
Adanya dugaan penyalahgunaan pengelolaan Anggaran Dana Desa (ADD) dan Dana Desa (DD) tahun anggaran 2019, Kepala Desa Aek Haruaya, Kecamatan Portibi, Kabupaten Padang Lawas Utara (Paluta) dilaporkan masyarakatnya sendiri.

Laporan itu pun dibenarkan pihak Kejaksaan Negeri (Kejari) Kabupaten Paluta melalui Kasi Pidsus Hindun Harahap SH MH, Jumat (5/6).

“Ya, kita telah menindaklanjuti adanya laporan dugaan penyalahgunaan pengelolaan ADD dan DD tahun anggaran 2019,” katanya.

Hindun menegaskan bahwa dirinya sudah mendapat Surat Perintah Tugas dari Kejari Paluta untuk melakukan pengkajian informasi data melalui media cetak, elektronik maupun nara sumber (Surveillance) dan melakukan pemeriksaan setempat (On The Spot) dengan tetap berkoordinasi dengan pihak Inspektorat Paluta untuk dilakukan audit terkait laporan tersebut.

Lanjutnya, kepala desa sudah dilakukan dua kali pemanggilan, melakukan pemeriksaan fisik karena masyarakat Desa Aek Haruaya mengklaim adanya pekerjaan yang tidak sesuai dengan RAB dan banyak bangunan yang sudah rusak serta ada juga yang tumpang tindih dengan tanah milik masyarakat.

“Kepala desanya sudah dua kali kita panggil, begitu juga dengan bendahara desa dan masyarakat juga sudah di minta keterangan. Kita tinggal menunggu hasil dari Inspektorat Paluta,” tutupnya.

Camat Portibi Gusti Harahap juga membenarkan adanya laporan dari masyarakat di Desa Aek Haruaya itu. 

“Iya benar itu laporan masyarakat dan pihak Inspektorat juga sudah turun ke desa,” pungkasnya.

Terpisah salah satu warga Berlin Hamonangan Siregar mendukung dan mengapresiasi kinerja pihak Kejari Paluta khususnya Pidsus untuk melakukan pengumpulan data dan informasi terkait adanya laporan dugaan penyalahgunaan pengelolaan ADD dan DD tahun anggaran 2019.

“Kita akan terus kawal masalah ini agar kasus dugaan penyalahgunaan pengelolaan ADD dan DD yang dilakukan kepala desa segera terungkap,” tegasnya.(WD-009)
Komentar Anda

Berita Terkini