KPU Gelar Raker PPK Pemutakhiran Data Pemilih Pilkada Tapsel Tahun 2020

harian9 author photo
TAPSEL| H9
Komisi Pemilihan Umum (KPU) Tapanuli Selatan (Tapsel) menggelar Rapat Kerja (Raker) bersama seluruh anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) se Tapsel tentang Pemutakhiran Data Pemilih Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Tapsel Tahun 2020, di aula Kantor KPU Tapsel Jalan Willem Iskandar, Senin (22/06/2020).

Raker gelombang I tersebut dilaksanakn dengan standar kesehatan Covid-19, diikuti 25 orang anggota PPK dan dibuka Ketua KPU Tapsel Panataran Simanjuntak, M.Hum, dihadiri Komisioner KPU Tapsel masing-masing, Kemri Safii Nasution, Syawaluddin Lubis, Efendi Rambe, Zul Hajji, Sekretaris KPU Haris Ritonga dan personil KPU Tapsel.

Ketua KPU Tapsel Panataran Simanjuntak, M.Hum mengatakan, ada sebanyak 75 orang snggota PPK Pilkada Tapsel tahun 2020 yang menjalani Raker Pemutakhiran Data Pemilih Pilkada serentak Kabupaten Tapsel Tahun 2020, yang dilaksanakan melalui 3 gelombang, yang masing-masing gelombang diikuti 25 anggota PPK dari 5 Kecamatan di Tapsel.

" Karena suasana pandemi Covid-19, Raker kita laksanakan secara bertahap 3 gelombang, dengan tetap mengikuti protokol kesehatan Covid-19, yakni para peserta Raker diwajibkan memakai masker, mencuci tangan dan dicek suhu tubuh sebelum memasuki ruangan acara, " ujar Panataran.

Panataran berharap melalui Raker ini anggota PPK bisa menguasai tata cara pemutkhiran data pemilih untuk Pilkada serentak Kabupaten Tapsel yang akan berlangsung 9 Desember 2020 mendatang dan kepada peserta (PPK) untuk tetap menjaga kesehatan dan patuhi protokol penanganan kesehatan standar Covid-19. 

" Kiranya Raker ini bisa menambah pengetahuan bagi anggota PPK untuk Pilkada serentak Kabupaten Tapsel dan KPU Tapsel telah siap menyelenggarakan Pilkada Tapsel 2020 dan dalam pelaksanaan tahapan ini kami juga tetap melaksanakannya dengan menerapkan protokol kesehatan standar Covid-19," katanya. 

Sementara Komisioner KPU Tapsel dari Divisi Data dan Perencanaan Efendi Rambe selaku narasimber memberikan penjelasan mengenai tata cara pemutakhiran data pemilih untuk Pilkada serentak Kabupaten Tapsel tahun 2020 dan kegiatan tersebut untuk memberikan pemahaman teknis terkait penyusunan daftar pemilih.

" Hal yang sangat penting dan harus diperhatikan dalam pemutakhiran dan penyusunanan data pemilih adalah menyeluruh, inklusif, akurat, mutakhir dan transparan. Lima prinsip kerja ini harus diterapkan guna menjamin proses dan hasil pendataan pemilih. Selain itu juga sebagai penyelenggara Pemilu perlu bekerja dengan responsif dan partisipatif sehingga dapat menghasilkan data pemilih yang berkualitas, " katanya.

Sementara Komisioner KPU Divisi Hukum Kemri Safii Nasution menyampaikan materi terkait potensi sengketa data pemilih yang muncul saat penyusunan data pemilih.

" Sengketa data pemilih sangat berpotensi akan muncul, karena bila warga tidak terdaftar maka sebagai warga negara akan kehilangan hak pilih. Hal ini perlu kita sikapi bersama agar hak warga untuk memilih hilang, " bebernya.

Usai memberikan materi, para peserta Raker melakukan tanya jawab dengan narasumber dan simulasi tata cara pemuktahiran data yang dipandu Komisioner KPU dan staf dari Sekretariat KPU Tapsel. (WD.014)

Komentar Anda

Berita Terkini