Longsor Terjadi Di Jalinsum Sipiongot, Binamarga Sumut UPT Gunungtua Lakukan Perbaikan

harian9 author photo
PALUTA| H9
Separuh bahu Jalinsum  Hutaimbaru-Sipiongot Kecamatan Dolok, Kabupaten Padang Lawas Utara (Paluta) tepatnya di Daerah Gunung Manobot mengalami longsor yang diakibatkan intensitas hujan yang tinggi.

Salah seorang warga setempat, Andi Harahap mengaku bahwa longsornya bahu jalan diakibatkan hujan deras yang mengguyur wilayah Paluta yang terjadi belakangan ini.

"Pengendara yang hendak melintas keluar masuk menuju Kecamatan Dolok harus saling bergantian tepatnya dijalur yang longsor, " ungkapnya.

Katanya, jalur menuju wilayah Kecamatan Dolok tekstur tanahnya merupakan daerah perbukitan, sehingga setiap hujan turun dikhawatirkan akan terjadi longsor. 

“Setiap hujan turun, wilayah ini kerap terjadi longsor pada tebing jalan dan pada bahu jalan lintas. Pasalnya jalur menuju daerah ini merupakan daerah perbukitan, " terangnya.  

Binamarga Lakukan Perbaikan mendapat informasi adanya bencana longsor tersebut, pihak Dinas Binamarga dan Bina Kontruksi Sumatera Utara UPT Gunungtua melakukan perbaikan pada jalan longsor yang terjadi diwilayah kecamatan Dolok, Kabupaten Paluta tepatnya di daerah Gunung Manobot. 

Kepala UPT Binamarga Gunungtua, Marlindo Harahap kepada awak media, Kamis (25/6) mengatakan bahwa titik jalan longsor ini sudah pernah diperbaiki dan kembali longsor lagi seperti saat ini sehingga harus kembali diperbaiki. 

“Kita dari Binamarga UPT Gunungtua sudah turun melakukan perbaikan dengan membuat timbunan menggunakan goni berisi tanah. Titik yang longsor ini sangat rentan terjadi longsor, sudah pernah diperbaiki, kembali terjadi longsor dan harus kita perbaiki lagi," ungkapnya. 

Dijelaskannya, perbaikan bahu jalan longsor ini hanya sebagai pekerjaan sementara untuk mengantisipasi agar jalur tersebut tetap bisa dilintasi. 

“Untuk saat ini, kami belum bisa untuk melakukan kegiatan pelaksanaan pembangunan karena anggaran. Jadi untuk perbaikan jalan yang longsor ini, sementara kami menggunakan anggaran pemeliharaan," ujarnya. 

Tambahnya, untuk pekerjaan permanen akan diusulkan pekerjaannya dilaksanakan pada tahun 2021.

"Kita mengusulkan pekerjaan permanen pada jalur lintas Sipiongot dilaksanakan tahun 2021. Untuk tahun 2020 ini pengerjaan dilakukan di jalinsum Gunungtua-Sibuhuan dan dijadwalkan mulai pelaksanaan pada Bulan Juli ini, " kata Kepala UPT Binamarga, Marlindo Harahap. (WD-009)
Komentar Anda

Berita Terkini