Mendag Lantik Pejabat Pimpinan Tinggi dan Pejabat Administrasi di Lingkungan Kemendag

harian9 author photo

JAKARTA| H9
Menteri Perdagangan (Mendag) Agus Suparmanto melantik sejumlah Pejabat Pimpinan Tinggi dan Pejabat Administrasi di lingkungan Kementerian Perdagangan, hari ini, Rabu (10/6) di Kementerian Perdagangan, Jakarta. Pelantikan ini dilakukan untuk meningkatkan efektivitas dan efisiensi kinerja pemerintah melalui mutasi maupun promosi jabatan.

“Pelantikan ini bukan hanya penyegaran, namun juga bertujuan mendukung sumber daya manusia yang profesional serta membangun citra positif Kementerian Perdagangan di tengah masyarakat. Intinya, organisasi ini diharapkan dapat membawa Kementerian Perdagangan mencapai target yang telah dicanangkan, membawa kemajuan, dan memberi kontribusi terhadap Indonesia Maju,” ujar Mendag.

Mendag menjelaskan, mutasi jabatan ini juga merupakan suatu kebutuhan untuk menjawab berbagai tantangan yang harus dihadapi Kementerian Perdagangan.

“Terutama saat ini Indonesia sedang mengalami tekanan ekonomi yang luar biasa akibat pandemi COVID-19. Kita berdoa bersama, semoga pandemi ini segera berakhir,” terangnya.

Pelantikan ini dilakukan secara besar-besaran terdiri dari mutasi Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama (Eselon II) sebanyak 14 orang dan mutasi/promosi Pejabat Administrasi (Eselon III dan IV) sebanyak 67 orang.

Sebelumnya, Menteri Perdagangan melakukan mutasi empat orang eselon I di Lingkungan Kementerian Perdagangan, yaitu: 
  1. Drs. Suhanto, M.M., sebagai Sekretaris Jenderal,
  2. Dr. Ir. Kasan, M.M., sebagai Direktur Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional,
  3. Oke Nurwan, Dipl.Ing., sebagai Kepala Badan Pengkajian dan Pengembangan Perdagangan,
  4. Indrasari Wisnu Wardhana, S.Kom., M.Si., sebagai Staf Ahli Menteri Perdagangan Bidang Iklim Usaha dan Hubungan Antar Lembaga.

Sekretaris Jenderal Kementerian Perdagangan Suhanto menjelaskan bahwa pelantikan ini merupakan suatu langkah untuk menata organisasi lebih baik yang didukung kompetensi sumber daya manusia di tempat yang tepat. 

"Kemendag saat ini terus bekerja keras untuk meningkatkan perdagangan baik di dalam negeri maupun ekspor dan impor," jelasnya.

Suhanto menambahkan, pejabat Eselon II yang dilantik terdiri dari:

  1. Fetnayeti, M.M., sebagai Kepala Biro Organisasi dan Kepegawaian, Sekretariat Jenderal
  2. Drs. Budi Santoso, M.Si., sebagai Kepala Biro Keuangan, Sekretariat Jenderal
  3. Ari Satria, S.E., MA., sebagai Kepala Biro Hubungan Masyarakat, Sekretariat Jenderal
  4. Djatmiko Bris Witjaksono, S.E., MSIE., sebagai Kepala Biro Advokasi Perdagangan, Sekretariat Jenderal
  5. Nina Mora, S.E., sebagai Direktur Bina Usaha dan Pelaku Distribusi, Direktorat Jenderal Perdagangan Dalam Negeri
  6. Ir. Frida Adiati, MSc., sebagai Direktur Sarana Distribusi dan Logistik, Direktorat Jenderal Perdagangan Dalam Negeri 
  7. Sihard Hadjopan Pohan, S.H., M.M., sebagai Direktur Tertib Niaga, Direktorat Jenderal Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga 
  8. Dr. I Gusti Ketut Astawa, S.Sos., M.M., sebagai Direktur Impor, Direktorat Jenderal Perdagangan Luar Negeri 
  9. Antonius Yudi Triantoro, S.IP., M.A., sebagai Direktur Perundingan ASEAN, Direktorat Jenderal Perundingan Perdagangan Internasional
  10. Dr. Ir. Donna Gultom, M.Sc, sebagai Direktur Perundingan APEC dan Organisasi Internasional, Direktorat Jenderal Perundingan Perdagangan Internasional
  11. Olvy Andrianita, S.E., sebagai Direktur Pengembangan Produk Ekspor, Direktorat Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional
  12. Fajarini Puntodewi, S.H., MSi, sebagai Sekretaris Inspektorat Jenderal, Inspektorat Jenderal
  13. Widiastuti, S.E., M.Si., sebagai Kepala Biro Pembinaan dan Pengawasan Sistem Resi Gudang dan Pasar Lelang Komoditas, Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi
  14. Ir. Ani Mulyati, M.M., sebagai Inspektur I, Inspektorat Jenderal


Dalam sambutannya, Mendag juga mengucapkan terima kasih kepada para pejabat yang telah menyelesaikan tugas jabatannya dan menyampaikan selamat atas penempatan di tempat yang baru. 

“Semoga tugas ke depan yang diemban akan lebih baik dan dilaksanakan dengan penuh semangat, serta menjadi amanah,” pungkas Mendag. (rel/wp.03)

(Foto: kemendag)


Komentar Anda

Berita Terkini