-->

Pasien Covid-19 Positif di Sumut bertambah 60 menjadi 932 Orang

harian9 author photo
MEDAN| H9
Kasus COVID-19 di Sumatera Utara masih terus mengalami peningkatan, pertambahan pasien positif terus bertambah. Tercatat Hingga Senin (15/6) sore, jumlah pasien positif sudah mencapai 932 orang bertambah 60 orang dari hari sebelumnya 872 orang, Pasien Dalam Pantuan (PDP) sebanyak 151 orang, meninggal 65 orang dan sembuh 215 orang. Sehari sebelumnya PDP 157 orang, meninggal 60 orang dan sembuh 209 orang.

Hal itu disampaikan Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan (GTPP) Covid-19 Sumut, dr Whiko Irwan melalui siaran persnya, Senin (15/6) sore di Medan.

Whiko mengatakan Dari data di atas, penyebaran virus Covid-19 masih berlangsung di Sumut. Peningkatan angka Covid-19 yang didapatkan karena GTPP Covid-19 Sumut, saat ini sedang genjar meningkatkan pemeriksaan rapit test maupun PCR, termasuk di sejumlah laboratorium seperti Rumah Sakit USU, Adam Malik dan lainnya. Sehingga banyak penderita Covid-19 yang terdeteksi. 

Pendekteksian penderita Covid-19 menjadi sangat penting, untuk memisahkan penderita Covid-19 positif di tengah-tengah masyarakat. Sehingga rantai penularannya menjadi terputus dan dapat kita putuskan. 

Untuk itu, kata dia, GTPP Covid-19 Sumut tetap mengingatkan kepada segenap lapisan masyarakat untuk tetap berdisiplin secara aktif melaksanakan protokol kesehatan untuk pencegahan Covid-19 dari orang-orang tanpa gejala yang belum terdeteksi Covid-19. "Kita patut bersyukur, yang sembuh dari Covid-19 juga mengalami peningkatan. Hal ini membuktikan rumah sakit-rumah sakit rujukan di Sumut, juga memiliki kemampuan yang paten dalam merawat para pasien terinfeksi Covid-19," katanya.

Dia menuturkan, petugas kesehatan yang merawat Covid-19 di rumah sakit merupakan orang-orang yang memiliki resiko tinggi penularan Covid-19. Untuk itu diprioritaskan penggunaan alokasi APD ditujukan untuk rumah sakit-rumah sakit yang merawat pasien Covid-19. Pengadaan APD yang terus dibutuhkan dalam perawatan pasien Covid-19 akan tetap menjadi perhatian GTPP Covid-19 Sumut.

Dia mengatakan, pada Minggu (14/6) pukul 15.00 WIB, Dinas Kesehatan Sumut telah menerima pendistribusian APD dari pusat berupa 4.000 APD. APD tersebut diangkut menggunakan pesawat Hercules TNI AU di Lanud Suwondo Medan. 

Dia mengatakan, penularan dan jumlah kasus positif Covid-19 yang masih terus bertambah, GTPP Covid-19 Sumut kembali mengingatkan masyarakat untuk tetap mematuhi protokol kesehatan. "Menjadi perhatian kita bersama bahwa protokol kesehatan adalah sesuatu yang tidak bisa ditawar dan sesuatu yang harus dipatuhi secara bersama-sama. Karena inilah yang kemudian bisa kita gunakan untuk mengendalikan sebaran Covid-19 ini di Sumut," ucapnya.(WM021)
Komentar Anda

Berita Terkini