Peduli Warganya, Puskesmas Bandarbaru Gelar Rapid Tes Massal

harian9 author photo
SIBOLANGIT| H9
Dalam rangka mencegah dan memutuskan mata rantai Covid 19, Dinas kesehatan Deliserdang melakukan kegiatan rapid test massal di UPT Puskesmas Bandarbaru Kecamatan Sibolangit, Jalan Jamin Ginting Km 47,5.Kamis (04/06/20).

Pemeriksaan rapid test dilakukan oleh Petugas Puskesmas Bandarbaru Dengan menggunakan Alat Pelindung Diri (APD) sesuai protokol kesehatan.

Hadir dikegiatan ini, Camat Sibolangit Febri Gurusinga SSTP MSP, Danramil Sibolangit Kapten J Sembiring, Kapospol  Bandarbaru Aiptu D Sembiring, Ketua TP PKK Sibolangit Ny Marinda Febri Gurusinga, Sekretaris Camat Sibolangit M Taufan SSTP.

drg Sri Astuti Hariyani selaku kepala UPT Puskesmas Bandarbaru menjelaskan "ini adalah program Dinas Kesehatan Deliserdang mengadakan rapid massal yang diadakan di Puskesmas Bandarbaru,".

Sri Astuti mengatakan rapid tes sudah dilakukan kepada kepala desa se Sibolangit, Danramil Sibolangit, Kapospol Bandarbaru dan warga. "Dari hasil rapid tes yang dilakukan hasilnya no reaktif,"

Menurutnya, untuk hasil rapid test bisa ditunggu 15 - 20 menit, kalau hasil reaktif atau positif kita tingkatkan menuju test swab. "Kita akan hubungi lagi bila ada yang reaktif positif untuk dilakukan test swab," ujarnya.

Febri Gurusinga mengatakan adanya kegiatan ini karena sebelumnya pihak Muspika Sibolangit dan Puskesmas berkoordinasi ke Dinas Kesehatan Deliserdang agar melakukan program rapid tes.

Tujuan rapid tes ini dilakukan untuk mencegah penyebaran mata rantai Covid-19 di wilayah Sibolangit. "Yang melakukan rapid tes yaitu seluruh kepala desa, unsur Muspika Sibolangit, dan masyarakat. Puji Tuhan hasil yang melakukan rapid tes seluruh non reaktif," tambahnya. (WM021)
Komentar Anda

Berita Terkini