-->

Pemdes Ujung Batu I Bersama PT VAL Realisasikan Program CSR Perbaiki Jalan Poros Desa

harian9 author photo
PALAS| H9
Satu alat berat berupa road greader diturunkan PT. Victorindo Alam Lestari (VAL) Unit Kantor Bibitan Batang Kumu, untuk memperbaiki jalan Poros Desa yang menghubungkan wilayah Rt.09., Rt. 06., Rt.05., dan Rt. 04. Desa Ujung Batu I, Kecamatan Hutaraja Tinggi, Kabupaten Padang Lawas (Palas), Provonsi Sumatera Utara (Sumut), mulai Rabu (09/06/2020).

Melalui program kepedulian dan lingkungan (CSR, corporate social responsibility), PT. VAL Perkebunan ini membangun dan menata ulang jalan desa dengan perawatan, meratakan, memadatkan, pengerasan dengan batu dan membuat drainase pada jalan sepanjang tersebut tidak tersumbat.

Meskipun belum dibangun permanen, perbaikan jalan ini sangat didambakan warga desa itu. Kondisi jalan yang rusak itu selama ini cukup mengganggu aktivitas masyarakat. Dengan hadirnya PT VAL memperbaiki jalan ini, diharapkan kegiatan sosial, ekonomi, dan kemasyarakatan lain bisa lebih bergairah.

Atas bantuan alat Berat Greder dari CSR PT. Victorindo Alam Lestari melalui usulan Proposal yang di ajukan melalui RKPdes. Dasar dari RPJMdes periode 2019 SD 2025.

Proposal tersebut diajukan ke Kantor Bibitan Batang Kumu yang di terima langsung  oleh Manager Kebun PT.Victorindo Alam Lestari ( VAL ) Bapak Ramadhan pada tgl 27 Januari 2020, yang lalu serta Atas Follow up usulan yang di tanggapi oleh Management PT. Permata Hijau Group ( PHG ) dari Kantor Direksi Bapak Edy Gusanto mulai hari ini telah dilaksanakan penggrederan Perawatan jalan di Desa Ujung Batu I.

Edy Gusanto selaku perwakilan dari Management Perusahaan saat meninjau pekerjaan jalan ini lalu mengatakan, pihaknya merasa punya kewajiban untuk ikut andil kepada kondisi msyarakat sekitar perusahaan, dan untuk memastikan pekerjaan berjalan dengan baik. Katanya.

“Ruas jalan desa ini termasuk yang kami lewati. Jadi, memang kami punya kewajiban juga untuk ikut membangun dan menjaga. Sebenarnya kami ingin berperan lebih, tetapi kondisi perusahaan sedang kurang memungkinkan. Tetapi, alhamdulillah meskipun kondisi usaha sedang lesu, kami tetap sisihkan untuk masyarakat,” kata dia.

Untuk mengawasi pekerjaan sesuai standar yang ditetapkan, perusahaan menugaskan satu Unit Greader lengjap dengan personilnya, untuk menjadi penanggung jawab. Saat ditanya perkembangan, Edy Gusanto mengatakan, proses perbaikian berjalan dengan lancar. Ia juga mengaku, masyarakat sekitar juga memndukung dan membantu. Ujarnya.

Tentang program CSR ini, Edy Gusanto mengatakan, perusahaan memiliki alokasi dana untuk kepedulian kepada masyarakat. Namun, nilainya disesuaikan dengan kondisi keuangan perusahaan.

Demikian juga dengan jenis kepeduliannya, bergantung kepada ketersediaan dana dan prioritas yang paling dibutuhkan masyarakat.
“PT. VAL memiliki program kepedulian dan tanggung jawab sosial yang pendanaannya dapat melalui Program CSR ataupun Program Bina Lingkungan (PKBL).

Bentuk dan sumber pendanaannya juga berbeda. Program CSR merupakan alokasi dari dana operasional perusahaan, sedangkan Program Bina Lingkungan merupakan alokasi dana penyisihan laba perusahaan,” kata dia.

Pemberian bantuan perbaikan jalan kali ini menggunakan Dana Program CSR Perbaikan Sarana Prasarana Umum. Diharapkan dengan bantuan Program CSR ini, hubungan baik antara perusahaan dan masyarakat sekitar akan lebih erat.

Ia juga mengajak masyarakat sekitar mempunyai rasa memiliki dan dapat secara bersama-sama menjaga aset perusahaan. ”Kalau jalan bagus, perusàhaan dapat mengangkut hasil kebunnya dengan lancar, produksi tidak terhambat dan juga akan berdampak pada meningkàtnya kesejahteraan masyaràkat sekitar.

Yah, kita saling mendukung, lah. Apa lagi, dalam situasi pandemi virus corona seperti saat ini, kita harus peduli sesama dan bersinergi menjaga aset negara,” kata dia.

Selain itu, Ia jelaskan Di Bidang Sosial membantu Orang tua Jompo, Fakir. Miskin, Berbentuk Sembako.,
Di Bidang Pemberdayaan Karang Taruna Desa Ujung Batu I sudah masuk Proposal untuk Ternak Ikan lele, Insya Alloh dalam waktu dekat ini sudah di acc oleh Management Perusahaan. Bukan hanya Desa Ujung Batu I saja yang kita bina. Namun semua Desa Desa yang ada di wilayah Perusahaan tetap kita bantu dari CSR. Pungkas Edy Gusanto, sambil berikan arahan kepada pekerja perawatan jalan desa tersebut.

Sementara Pemdes Ujung Batu I. Melalui Kepala Desa Hasan Basri Mengucapkan, terimakasih pada Management PT. Victorindo Alam Lestari (VAL ) untuk Infrastruktur Perawatan Jalan yang menghubungkan Jalan ke RT an sepanjang satu setengah Kilo Meter hasilnya sangat dirasakan Masyarakat penggunakan jalan terutama hasil bumi Armada Angkutan Buah Sawit untuk mempermudah ke Pabrik Sawit.

Lebih lanjut Kades mengatakan, jalan itu kondisinya rusak dan memang membutuhkan perbaikan. Sebab, karena kondisi jalan yang buruk mengganggu aktivitas warga dan perusahaan.

“Kami mengucapkan terima kasih dan menyampaikan apresiasi kepada PT. VAL atas partisipasinya melakukan perbaikan dan perawatan jalan desa kami. Ini adalah jalan bersama kita. Kami warga masyarakat pakai, perusahaan juga lewat sini untuk mengangkut sawit. Makanya, PT. VAL juga memang punya kewajiban untuk memperbaiki dan menjaga,” kata dia.

Disamping itu, H.Budi Waluyo selaku ketua MUI desa Ujung Batu I. Juga Mengucapkan terima kasih kepada Pemdes Ujung Batu I yang telah melobi lobi Perusahaan yang berada disekitar Desa kita sehingga hubungan Komunikasi dan Silaturahmi tetap terjaga dengan baik. Tutur H. Budi Waluyo.

Harapan kami dari orang orang tua di kampung ini, Perusahaan agar Pro aktif lagi untuk kegiatan di bidang kemasyarakatan sehingga hubungan baik yang selama ini tetap terjaga. Dan atas bantuan CSR dari pihak perusahaan PT. VAL, baik yang berbentuk Sembako, perawatan jalan serta lainnya “Kami juga tak lupa ucapkan terima kasih banyak kepada Pihak perusahaan tersebut,” Pungkasnya. (WD41)
Komentar Anda

Berita Terkini