-->

PemKab Palas Akan Beri Bantuan kepada TP.PKK Desa Ujung Batu I KRPL KWT Melati

harian9 author photo
PALAS| H9
Program Kawasan Rumah Pangan Lestari (KRPL) dari Kementerian Pertanian (Kementan) masih terus bergulir. Ditahun 2020 ini, Pemerintah Kabupaten Padang Lawas (Palas) melalui Dinas Ketahanan Pangan (Ketapang) Palas telah memberikan bantuan kepada satu desa sebagai penerima bantuan. Yaitu, desa Ujung Batu I, Kecamatan Hutaraja Tinggi.

Kades Hasan Basri menyebutkan, Hal tersebut didapatkan sebelumnya melalui usulan dari TP.PKK Desa Ujung Batu I Kelompok Tani : Kelompok Wanita Tani ( KWT ) MELATI untuk pembibitan Sayur Sayuran. Disampaikannya kepada warga yang hadir di balai desa dalam rangka penyaliran BLT-DD Tahap II, Rabu. (17/06/2020).

Kelompok wanita tani (KWT) penerima bantuan akan mendapatkannya dalam seminggu ini Bibitnya datang dari Dinas Ketahanan Pangan Palas, yang akan kita buat pembibitannya di Lokasi Balai desa dan akan kita berikan kepada kelompok Dasa wisma ke RT an begitu juga bila perorangan akan menanam sayur mayur boleh diambil dari pembibitan di sini ( red-lokasi pembibitan yang tersedia) melalui PKK Pokja III tentang Pemberdayaan Pangan. Kata kades Hasan Basri.

Sementara Ketua TP.PKK desa Ujung Batu I Ny. Elvina Sitompul Am.Keb. Hasan Basri, ditampingi seluruh Tim Pokja mengatakan, bantuan yang disalurkan tersebut merupakan bantuan untuk kelompok KRPL yang dibentuk oleh masing-masing desa.

Manfaat dari bantuan KRPL tersebut adalah untuk meningkatkan kesadaran masyarakat agar bisa memanfaatkan lahan pekarangan untuk dijadikan sebagai wadah bercocok tanam tamanan sehat. Ujar Ketua. TP. PKK desa Ujung Batu I.

”Bantuan yang akan disalurkan Dinas Ketapang Palas ini dalam bentuk Bibit ke kelompok KRPL yang telah dibentuk.

Selanjutnya kelompok akan melakukan pembibitan untuk kebutuhan yang mereka inginkan seperti bibit, pupuk dan polibek untuk bercocok tanamam,” kata Elvina.

Melalui KRPL ini, lanjutnya, diharapkan kelompok Wanita Tani dapat membagikan kepada warga desa yang tidak mendapatkan bantuan bisa mencontoh pemanfaatan lahan tersebut.

Pantauan TP. PKK desa tersebut, bebernya, selama ini masyarakat mengandalkan sayur yang dibeli dari daerah lain.

Dengan kegiatan KRPL ini maka masyarakat tidak perlu khawatir lagi karena sayur sudah ada dan itu bisa menghemat pengeluaran. “Desa Ujung Batu I Kecamatan Hutaraja Tinggi, Kabupaten Palas kita ini memiliki tanah yang subur dan bisa ditanami berbagai jenis sayuran.

"Masyarakat bisa memanfaatkan lahan pekarangan yang selama ini terbengkalai atau dimanfaatkan secara kurang optimal,” terangnya.

Ditanya mengenai dasar penetapan KWT penerima bantuan, Eli mengaku, desa yang terpilih untuk mendapatkan bantuan KRPL tersebut merupakan kerja keras seluruh TP. PKK desa yang yang telah kita usulkan sebelumnya kepada Pemkab palas melalui Dinas Ketapang Palas, yang ditetapkan berdasarkan survey dari Pemerintah setempat.

“Penetapan didasarkan peta kerawanan pangan dan diawali oleh survei calon penerima dan calon lokasi (CPCL) oleh tim dari Pemkab Palas melalui Dinas Ketapang Palas,” tandasnya.

Ditambahkan, ketua PKK Pokja III. Ny. Rusdawati Anto, meminta agar warga dan kelompok nantinya mengikuti arahan dari dinas terkait dalam melakukan pemetaan di semua lokasi pembibitan terkait eksistensi KRPL. Kelompok ibu-ibu ini diharapkan bisa memasok kebutuhan pangan lokal masyarakat agar tidak bergantung dari daerah lain. 

Budaya menanam kebutuhan pangan di pekarangan rumah perlu ditingkatkan untuk mendukung pangan. Warga diminta tidak bergantung dari produk pangan luar daerah yang dijual di pasaran.

Menurut Rusdawati hal itu sangat riskan karena berpotensi kekurangan stok dan berdampak pada harga yang mahal.  (WD41)
Komentar Anda

Berita Terkini